Burnout, ini dia 6 Tips untuk Mengatasinya !

“Aktivitas yang padat seringkali membuat tubuh merasa lelah, tak jarang seseorang lebih peduli dengan pekerjaan dibandingkan dengan kesehatannya sendiri. Padahal, faktanya kelelahan dapat menurunkan produktivitas pekerjaan yang dilakukan”. Sahabat Appskep, apakah pernah mendengar istilah burnout ?


Burnout atau kelelahan kerja adalah kondisi stres dan lelah akibat pekerjaan sehingga menyebabkan hilang semangat, mudah marah, dan penurunan produktivitas serta efektivitas pekerjaan yang dilakukan. Rasa lelah menjadi kondisi yang tidak dapat dihindari oleh para pekerja terutama pada saat bekerja lembur atau bekerja lebih lama dari biasanya.
Sahabat Appskep, banyak sekali pekerja yang sudah mengalami gejala burnout seperti stres, hilang motivasi, dan penurunan produktifitas pekerjaannya namun tidak sadar bahwa dirinya sudah berada mengalami burnout.
Oleh sebab itu, jika sahabat merasa lelah bekerja, siasati dengan tips berikut ini :

  • Menjaga pola makan
    Memiliki banyak aktivitas jangan sampai membuat kita lupa untuk menjaga pola makan ya sahabat, sebab pola makan teratur dan mengonsumsi cemilan sehat seperti buah tiap 3 atau 4 jam dapat memberikan energi yang cukup pada tubuh dan mencegah terjadinya kelelahan saat bekerja.
  • Rajin berolahraga
    Rasa lelah setelah bekerja seringkali membuat kita malas untuk berolahraga. Padahal faktanya berolahraga secara teratur dapat meningkatkan kekuatan dan memperbaiki suasana hati. Tidak perlu melakukan olahraga berat, cukup dengan peregangan setiap beberapa menit atau berjalan kali selama 15 menit saja sudah sangat membantu mengatasi kelelahan.
  • Istirahat yang cukup
    Pekerjaan yang menumpuk seringkali mengganggu waktu istirahat, namun jangan sampai kita kurang tidur terutama pada malam hari. Beberapa tips yang bisa sahabat lakukan sebelum tidur agar menghasilkan tidur berkualitas antara lain: menghindari interaksi dengan perangkat elektronik, minum teh cammomile, membaca buku, dan mendengarkan musik relaksasi
  • Mengelola stres dengan baik
    Lelah bekerja seringkali menimbulkan stres dan stres mengabiskan banyak energi. Oleh sebab itu, penting untuk mengendalikan stres dengan mengisi waktu luang dengan melakukan aktivitas yang disukai seperti berolahraga, rekreasi, membaca, bermain musik, dan tidur.
  • Mengurangi kafein
    Kita seringkali mengonsumsi kafein saat lembur agar tetap terjaga, namun hal ini sebaiknya dikurangi ya sahabat karena kafein akan mengganggu ritme tidur, kemudian menyebabkan masalah tidur yang nantinya akan menyebabkan kelelahan di siang hari.
  • Banyak mengonsumsi air putih
    Selain aktivitas yang padat, dehidrasi juga menjadi salah satu pemicu terjadinya kelelahan. Minum air putih 2 liter atau 8 gelas setiap hari cukup untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dan menghindari terjadinya kelelahan.

Itulah beberapa tips yang bisa Sahabat Appskep lakukan agar tetap semangat, fokus, produktif dalam bekerja, dan terhindar dari burnout.

DAFTAR PUSTAKA

  • Lutfi, M., Puspanegara, A., & Mawaddah, A. U. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kelelahan Kerja (Burnout) Perawat Di Rsud 45 Kuningan Jawa Barat. Jurnal Ilmu Kesehatan Bhakti Husada: Health Sciences Journal, 12(2), 173-191.
  • NHS. (2023). Self-Help Tips to Fight Tiredness. Diakses pada 28 Februari 2024 dari https://www.nhs.uk/live-well/sleep-and-tiredness/self-help-tips-to-fight-fatigue/

Editor :
Ns. Nurul Fauziah, M.Med.Ed
Ns. Najmi Ulfa Misbah, S.Kep