Hati-hati! , Ini Dia Akibat Keseringan Nongkrong di Coffee Shop Bagi Kesehatan

Sumber Gambar : Pribadi

Sahabat Appskep, pada masa ini, banyak sekali tempat tongkrongan anak muda yang hits dan terkenal dengan tempat dan suasana yang estetik serta aneka minuman yang viral, salah satunya seperti coffee shop. Banyak pilihan tempat dari gaya retro, klasik, hingga modern yang instagramable. Berbagai minuman dan makanan pun menjadi pilihan dalam tujuan tongkrongan, diantaranya seperti kopi. Kopi yang dijual dan disajikan di coffee shop pun berbeda-beda, seperti Americano, brown sugar coffee, butterscotch latte, dan lainnya. Ada jenis kopi yang memiliki manfaat untuk menjaga fungsi otak, meningkatkan daya ingat dan banyak manfaat lainnya. Tapi, tahukah sahabat appskep apabila sahabat mengkonsumsi kopi secara berlebihan dan terus menerus dapat membuat masalah pada kesehatan dan mendatangkan akibat buruk?

Berikut masalah kesehatan yang ditimbulkan akibat konsumsi kopi secara berlebihan:

  1. Insomnia
    Adanya kandungan kafein pada kopi akan membuat sahabat tetap terjaga dan meningkatkan konsentrasi. Apabila sahabat mengkonsumsi secara berlebihan, hal tersebut dapat mengganggu pola tidur sahabat Appskep.
  1. Jantung berdebar
    Kafein didalam kopi dapat memblokir reseptor adenosin yang meningkatkan sekresi katekolamin sehinga salah satunya akan memberikan efek jantung berdebar kencang karena adanya pelepasan hormon adrenalin sehingga tekanan darah akan meningkat dan jantung akan berdetak lebih cepat. Hal ini membuat jantung akan bekerja menjadi lebih keras untuk memompakan darah ke seluruh tubuh kita, apabila hal ini berlanjut tentu akan melemahkan jantung kita.
  1. Gangguan pencernaan
    Kafein memiliki efek stimulasi asam lambung dan pencahar, sehingga jika dikonsumsi berlebihan kopi dapat menyebabkan diare, mual, muntah dan gangguan asam lambung.
  1. Menyebabkan masalah gigi
    Apakah sahabat Appskep pernah menyadari bahwa terlalu sering mengkonsumsi kopi akan membuat gigi kita berwarna kuning. Hal ini karena adanya tanin pada kopi yang menempel pada gigi dan membuat gigi menjadi kuning.

Nah, bagi sahabat yang pecandu kopi dan sudah mulai merasakan beberapa akibat tapi tetap ingin duduk di tongkrongan, sebaiknya dapat mengurangi kopi atau dengan mengganti jenis minuman ke non-coffee. Salam sehat Sahabat Appskep!

Daftar Pustaka

  • Aprilina, R., A., dkk. (2023). Hubungan Kebiasaan Mengonsumsi Kopi Dengan Terjadinya Stain Pada Masyarakat Di Desa Sirap. Jurnal Terapi Gigi Dan Mulut. 2(2). 68-72.
  • Ardila, N., B., dkk. (2023). Hubungan Konsumsi Kopi Dengan Keluhan Gastritis Pada Mahasiswa Kedokteran Universitas Islam Al-Azhar Angkatan 2019 dan 2022. Jurnal Ilmiah Kesehatan Medika Drg. Suherman. 5(1). 22-29.
  • Suratinoyo., J., F., & Taharuddin. (2022). Hubungan Pola Konsumsi Kopi Dengan Kekambuhan Gastritis Pada Remaja: Literature Review. Borneo Student Research. 3(3). 2748-2756.
  • Yonata, A., & Saragih, D., G., P. (2016). Pengaruh Konsumsi Kafein Pada Sistem Kardiovaskular. Jurnal Unimus. 3 (5). 43-49.
  • Yayasan Gastroenterologi Indonesia (2020, 10 April). Apa pengaruh Kafein Pada Saluran Cerna? Diakses pada 10 Maret 2024 melalui https://ygi.or.id/apakah-pengaruh-kafein-pada-saluran-cerna-anda/

Baca Juga : https://blog.appskep.id/spirometri-alat-pemeriksaan-pada-penyakit-pernafasan/

Editor :
Ns. Nurul Fauziah, M.Med.Ed
Ns. Najmi Ulfa Misbah, S.Kep