11 Obat Flu yang Bagus Untuk Redakan Gejala

Gambar orang batuk

Obat flu dapat membantu meringankan keluhan demam, sakit kepala, batuk, atau pilek saat flu menyerang. Obat flu sangat bermanfaat untuk membuat Anda merasa lebih nyaman selama masa penyembuhan.

Flu atau influenza merupakan infeksi virus yang menyerang saluran pernapasan. Gejala yang paling sering dialami akibat flu adalah pilek, hidung tersumbat, batuk, demam, sakit tenggorokan, bersin-bersin, hingga hilang nafsu makan.

Perlu diingat bahwa flu tidak dapat diatasi dengan antibiotik. Infeksi virus penyebab flu akan diatasi secara mandiri oleh sistem kekebalan tubuh. Selama sistem imun bekerja, obat flu dapat dimanfaatkan untuk meredakan gejala flu.

Rekomendasi Obat Flu yang Cepat Redakan Gejala Flu

Berikut adalah beberapa obat yang dapat digunakan untuk meredakan gejala flu:

Noza

11 Obat Flu yang Bagus untuk Redakan Gejala - Alodokter

Beli Noza di Sini

Noza merupakan obat flu yang bagus dan memiliki komposisi ideal untuk meredakan demam, sakit kepala, bersin-bersin, pilek, serta hidung tersumbat akibat influenza. Obat ini mengandung bahan aktif pseudoephedrine, triprolidine, dan paracetamol.

Pseudoephedrine bekerja sebagai dekongestan untuk melegakan hidung mampet, sedangkan triprolidine bekerja sebagai antihistamin yang bisa meredakan bersin-bersin dan pilek atau hidung meler. Sementara itu, paracetamol dapat menurunkan demam, sakit kepala, atau nyeri otot yang sering terjadi saat flu.

Noza dijual bebas dalam sediaan kaplet. Obat ini bisa diminum sebelum atau sesudah makan. Noza bisa dikonsumsi oleh orang dewasa dan anak usia di atas 12 tahun dengan dosis 1 kaplet, 3 kali sehari.

Perlu diingat bahwa sebaiknya Anda tidak mengemudi atau melakukan aktivitas lain yang memerlukan kewaspadaan setelah minum Noza, karena obat ini bisa menyebabkan kantuk.

Sanmol Forte

11 Obat Flu yang Bagus untuk Redakan Gejala - Alodokter

Beli Sanmol Forte di Sini

Sanmol Forte bermanfaat untuk meredakan demam dan sakit kepala saat flu. Obat ini mengandung paracetamol yang bekerja sebagai pereda nyeri sekaligus penurun demam.

Dosis Sanmol Forte untuk orang dewasa dan anak usia di atas 12 tahun adalah 1 tablet, 3–4 kali sehari. Obat flu yang dijual bebas ini dapat diminum bersama atau tanpa makanan.

Ibuprofen Novapharin

11 Obat Flu yang Bagus untuk Redakan Gejala - Alodokter

Beli Ibuprofen Novapharin di Sini

Ibuprofen bermanfaat sebagai obat flu untuk meredakan demam dan radang tenggorokan yang bisa terjadi. Obat ini bekerja dengan cara menghambat pembentukan zat pemicu timbulnya peradangan, termasuk nyeri, bengkak, atau demam.

Ibuprofen sebaiknya diminum bersama makanan atau susu untuk mencegah timbulnya sakit maag. Dosis penggunaan obat ini adalah 1–2 tablet, 3–4 kali sehari atau sesuai dengan petunjuk dokter.

Ceteme

11 Obat Flu yang Bagus untuk Redakan Gejala - Alodokter

Beli Ceteme di Sini

Ceteme mengandung bahan aktif chlorpheniramine yang bekerja menghambat kerja histamin. Cara kerja tersebut dapat meredakan gejala hidung tersumbat dan bersin-bersin saat flu.

Ceteme dapat dibeli di apotek tanpa resep dokter. Untuk orang dewasa, Ceteme dapat dikonsumsi 1 tablet, 3–4 kali sehari. Sementara pada anak-anak, dosis Ceteme adalah ¼ – ½ tablet, 3–4 kali sehari.

Perlu diingat bahwa Ceteme dapat menyebabkan kantuk. Oleh sebab itu, jangan minum obat flu ini jika Anda harus melakukan kegiatan yang membutuhkan kewaspadaan, seperti mengemudi. Pastikan untuk membaca petunjuk pada kemasannya sebelum mengonsumsi Ceteme.

Siladex Mucolytic & Expectorant

11 Obat Flu yang Bagus untuk Redakan Gejala - Alodokter

Beli Siladex Mucolytic & Expectorant di Sini

Siladex Mucolytic & Expectorant bermanfaat untuk meredakan batuk berdahak dan meredakan penumpukan dahak di saluran pernapasan akibat flu.

Obat flu dalam sediaan sirup ini mengandung kombinasi bahan aktif bromhexine dan guaifenesin yang berperan mengencerkan dahak agar lebih mudah dikeluarkan dari saluran pernapasan.

Dosis Siladex Mucolytic & Expectorant untuk orang dewasa adalah 1 sendok takar, 3 kali sehari. Sementara dosis untuk anak-anak adalah ½ sendok takar, 3 kali sehari.

Sterimar Nasal Hygiene Spray

11 Obat Flu yang Bagus untuk Redakan Gejala - Alodokter

Beli Sterimar Nasal Hygiene Spray di Sini

Sterimar Nasal Hygiene Spray bermanfaat untuk membersihkan, melembapkan, dan memelihara kesehatan membran mukosa di hidung.

Sterimar Nasal Hygiene Spray merupakan semprot hidung dengan kandungan 100% air laut. Kandungan tersebut dapat membersihkan hidung dari ingus yang kental atau mengering sehingga napas bisa menjadi lebih lega.

Gunakan Sterimar Nasal Hygiene Spray sebanyak 2–6 kali sehari. Jangan lupa untuk selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah menggunakan produk ini.

Afrin Nasal Spray

11 Obat Flu yang Bagus untuk Redakan Gejala - Alodokter

Beli Afrin Nasal Spray di Sini

Afrin Nasal Spray bermanfaat untuk meredakan hidung tersumbat. Obat flu semprot hidung ini mengandung oxymetazoline yang bekerja meredakan pembengkakan pembuluh darah di dalam hidung. Dengan begitu, saluran pernapasan menjadi lebih terbuka dan napas akan lebih lega.

Afrin Nasal Spray tergolong obat bebas terbatas yang mudah didapatkan di apotik. Semprotkan obat ini 2–3 kali sehari selama 5–7 hari. Namun, jika keluhan sudah membaik, hentikan penggunaan obat ini. Jangan menggunakan Afrin Nasal Spray lebih dari 7 hari, karena bisa memperburuk hidung tersumbat.

Longatin

11 Obat Flu yang Bagus untuk Redakan Gejala - Alodokter

Beli Longatin di Sini

Longatin adalah obat untuk meredakan batuk kering. Longatin merupakan obat antitusif dengan kandungan noscapine. Obat flu ini bekerja menghambat respons tubuh terhadap rangsangan batuk sehingga keinginan untuk batuk dapat diredam.

Longatin dikonsumsi 1–2 kapsul, 3–4 kali sehari.

Betadine Cold Defence Nasal Spray

11 Obat Flu yang Bagus untuk Redakan Gejala - Alodokter

Beli Betadine Cold Defence Nasal Spray di Sini

Betadine Cold Defence Nasal Spray adalah obat flu berbentuk semprot dengan kandungan carragellose, yaitu bahan alami dari jenis rumput laut merah. Bahan tersebut terbukti bisa mengurangi virus penyebab flu di hidung dan mempercepat penyembuhan flu.

Betadine Cold Defence Nasal Spray dapat digunakan 3 kali sehari. Obat ini dapat dibeli bebas di apotik.

Vicks Vaporub

11 Obat Flu yang Bagus untuk Redakan Gejala - Alodokter

Beli Vicks Vaporub di Sini

Vicks Vaporub dapat menjadi salah satu obat flu andalan Anda. Produk ini bermanfaat untuk menghangatkan badan, meredakan batuk, melegakan hidung yang tersumbat, atau mengurangi nyeri otot yang terjadi saat flu.

Vicks Vaporub berbentuk balsam dengan kandungan camphor, menthol, dan eucalyptus oil yang bisa membantu meringankan batuk sementara akibat iritasi tenggorokan dan paru-paru.

Untuk menghangatkan badan, obat ini dapat digosokan atau dioleskan pada dada, leher, dan punggung sebanyak 3–4 kali sehari. Sementara untuk melegakan pernapasan dan hidung tersumbat, Vicks Vaporub bisa dilarutkan ke air panas, lalu uapnya dapat dihirup.

Tolak Angin Cair Flu

11 Obat Flu yang Bagus untuk Redakan Gejala - Alodokter

Beli Tolak Angin Cair Flu di Sini

Tolak Angin Cair Flu berguna untuk meringankan gejala flu, seperti hidung tersumbat, pilek, sakit kepala, dan badan terasa pegal. Obat ini mengandung buah adas, kayu ules, daun cengkeh, jahe, daun mint, echinacea, meniran, valerian, dan ginseng.

Selain meringankan gejala flu, bahan herbal di dalam Tolak Angin Cair Flu juga dapat membantu Anda untuk beristirahat selama masa penyembuhan dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Obat flu herbal ini dikonsumsi sesudah makan sebanyak 1 saset, 3 kali sehari. Selain diminum langsung, Tolak Angin Cair Flu juga dapat dicampur dengan ½ gelas air hangat.

Imunos

11 Obat Flu yang Bagus untuk Redakan Gejala - Alodokter

Beli Imunos di Sini

Pilihan obat flu selanjutnya adalah Imunos. Suplemen ini mengandung ekstrak tanaman Echinacea, zinc picolinate, selenium, dan natrium askorbat yang dapat memelihara kesehatan dan daya tahan tubuh, meringankan gejala penyakit, serta mempercepat pemulihan saat sakit.

Anda bisa mengonsumsi Imunos 1 kaplet setiap hari.

Obat flu di atas dapat meringankan gejala yang mengganggu. Namun, perlu diingat bahwa Anda membutuhkan daya tahan tubuh yang prima untuk melawan infeksi virus penyebab flu. Oleh sebab itu, penggunaan obat flu harus diiringi pula dengan istirahat, serta hidrasi dan asupan nutrisi yang cukup.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan pengobatan mandiri, misalnya dengan menghirup uap aromaterapi, minum suplemen untuk meningkatkan daya tahan tubuh, atau mengonsumsi madu.

Jika gejala flu belum juga membaik atau malah memburuk, konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.