Bagaimana cara merawat tali pusat di rumah?

Bayi memiliki tali pusat yang terhubung antara bayi dan ibu sebagai sumber nutrisi bagi bayi. Pada saat lahir, tali pusat ini akan dipotong. Potongan tali pusat akan meninggalkan jaringan disekitar pusar bayi. Jaringan tali pusat ini memerlukan perawatan agar tidak terjadi infeksi pada bayi yang disebut dengan perawatan tali pusat.

Sahabat Appskep, ada beberapa faktor yang dapat memicu lamanya pelepasan tali pusat bayi diantaranya adalah penggunaan antiseptic dan terjadinya infeksi. Penggunaan antiseptic seperti alcohol swab dapat mengurangi perkembangan jumlah flora non patogenik normal yang berada disekitar umbilikus. Dengan berkurangnya perkembangan jumlah flora, akan menurunkan leukosit sehingga tidak terjadi adanya resiko infeksi pada tali pusat bayi.

Berikut cara melakukan perawatan tali pusat :

  • Mencuci tangan hingga bersih
    Dalam melakukan perawatan tali pusat, kita harus memperhatikan kebersihan diri kita dan bayi. Karena kondisi bayi baru lahir yang rentan dan juga adanya luka pada tali pusat, sehingga kita harus memperhatikan kebersihan agar tidak terjadi infeksi. Cucilah tangan secara baik dan benar, agar tidak mentransmisikan kuman/bakteri ke bayi pada saat kita akan melakukan perawatan.
  • Memandikan bayi dengan air hangat
    Memandikan bayi dengan air hangat dapat membantu proses penyembuhan pada luka tali pusat dengan adanya kebutuhan protein yang tercukupi dan oksigen melalui darah, selain itu air hangat juga memberikan efek yang menenangkan bagi bayi dan mengurangi rasa nyeri pada luka. Sehingga, air hangat dapat membantu proses perawatan tali pusat dengan memberikan manfaat lainnya.
  • Membuka kasa penutup tali pusat
    Pada saat lahir, tali pusat bayi yang dipotong tersebut akan ditutup menggunakan kain kasa. Pada saat akan melakukan perawatan selanjutnya, kain kasa akan dibuka. Kain kasa pada tali pusat bayi akan sulit dilepas, karena adanya benang-benang yang melekat pada tali pusat akibat adanya sisa-sisa darah. Untuk menghindari nyeri dan perlukaan baru pada bayi, basahi kain kasa dan buka secara perlahan.
  • Membersihkan tali pusat
    Membersihkan tali pusat pada bayi dapat dibersihkan dengan alcohol swab 70%. Alcohol dapat membantu proses pelepasan tali pusat, dengan mengurangi perkembangan flora non patogenik pada umbilicus atau tali pusat bayi. Bersihkan area tali pusat bayi secara lembut dan perlahan.
  • Mengeringkan tali pusat dengan kasa steril
    Usap secara perlahan kasa steril pada tali pusat untuk mengeringkan area tersebut.
  • Posisikan popok
    Tidak dianjurkan posisi popok bayi menutupi tali pusat, karena akan menghambat sirkulasi udara. Sebaiknya, posisikan popok dibawah tali pusat. Jangan taruh apapun pada tali pusat, seperti jamu, bawang putih, minyak telon pada tali pusat.
  • Biarkan mengering
    Biarkan tali pusat terbuka dan tidak ditutup apapun. Tali pusat akan mengering dan akan lepas dengan sendirinya. Jangan memaksa untuk menarik tali pusat atau menggunting sendiri tali pusat. Tali pusat akan mengering dan lepas dengan sendirinya. Penarikan tali pusat secara paksa akan menimbulkan perdarahan atau infeksi pada tali pusat yang dapat membahayakan kesehatan bayi.

Perawatan tali pusat ini dapat ibu lakukan di rumah secara mandiri. Namun, apabila ibu memiliki keraguan untuk merawat tali pusat ibu dapat memanfaatkan jasa home care terpercaya ibu dalam memberikan perawatan tali pusat pada bayi ibu.

Daftar Pustaka

  • Antaranews.com. (2023, 19 September). Cara merawat tali pusat pada bayi baru lahir. Diakses pada 25 Februari 2024, dari https://www.antaranews.com/berita/3733353/cara-merawat-tali-pusat-pada-bayi-baru-lahir
  • Amilia, Y. (2021). Pengaruh perawatan tali pusat dengan air hangat terhadap waktu lepasnya tali pusat pada neonatus. Indonesian Health Science Journal. 1 (1). 15-20.
  • IDAI.or.id. (2016, 18 Mei). Perawatan tali pusat pada bayi baru lahir. Diakses pada 25 Februari 2024, dari https://www.idai.or.id/artikel/klinik/pengasuhan-anak/perawatan-tali-pusat-bayi-baru-lahir
  • Siloamhospitals.com. (2023, 27 Oktober). Perawatan tali pusat bayi baru lahir yang tepat hingga puput. Diakses pada 25 Februari 2024, dari https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/perawatan-tali-pusat-bayi-baru-lahir

Editor :
Ns. Nurul Fauziah, M.Med.Ed
Ns. Najmi Ulfa Misbah, S.Kep