Perawatan Pasien yang Terpasang Selang Makan (Selang NGT/ Nasogastric Tube) di Rumah

Sumber Gambar : https://www.procare.ae/en/services/view/ngt-feeding.html

Selang makan (NGT) merupakan suatu selang yang digunakan dalam tindakan medis agar pasien dapat diberikan obat atau cairan atau makanan yang mana selang tersebut akan bertujuan mengalirkan cairan yang masuk ke lambung pasien. Pada umumnya, selang makan (NGT) digunakan pada pasien dengan kehilangan kesadaran, pasien dengan kesulitan menelan, pasien yang keracunan, pasien yang muntah darah, pasien dengan pra dan pasca operasi kerongkongan (esophagus) dan mulut.

Berikut informasi yang keluarga harus tahu dalam melakukan perawatan di rumah:

  1. Mencuci tangan
    Dalam melakukan perawatan pada pasien dengan selang makan (NGT), sebaiknya keluarga melakukan cuci tangan dengan 6 langkah baik sebelum menyentuh selang dan setelah memberikan makanan.
  1. Memastikan posisi selang
    Pastikan posisi selang tepat berada di lambung, dengan cara memasukkan spuit ke dalam selang. Kemudian tarik cairan lambung, apabila cairan berwarna kuning maka posisi selang tepat berada di lambung. Namun, apabila ditemukan hal lain, harap segera menghubungi tenaga medis berpengalaman untuk segera dilakukan pemeriksaan.
  1. Menjaga kebersihan mulut
    Walaupun tidak ada makanan atau cairan yang masuk melalui mulut, sebaiknya keluarga juga tetap harus menjaga kebersihan pada mulut pasien. Bersihkan lidah dan gigi dengan kain kasa dan air hangat atau jika dianjurkan oleh dokter untuk menyikat gigi lakukan sikat gigi minimal 2x/ hari, serta tetap memberikan kelembaban pada bibir pasien agar tidak menimbulkan luka pada bibir pasien.
  1. Cara memasukkan makanan
    Cara memasukkan makanan atau obat akan dijelaskan oleh perawat pada saat pasien akan pulang dan pasien memang dianjurkan untuk pemakaian selang makan di rumah.
    Untuk memasukkan makanan, berikut langkah-langkahnya :
    • Pastikan Spuit atau jarum suntik untuk makan dalam keadaan bersih
    • Dekatkan wadah makanan  ke ujung spuit yang sudah diatur jumlahnya 
    • Buka klem selang, masukkan ujung spuit ke ujung selang, klem selang dengan tangan sebelum pemberian makanan
    • Alirkan makanan ke dalam spuit, gunakan gravitasi sebagai kecepatan agar makanan bisa masuk melalui selang, buka klem secara perlahan
  2. Cara membilas selang 
    Setelah selesai pemberian makanan atau obat melalui selang makan, bilang selang dengan menggunakan air putih kurang lebih 10-20 cc.  Setelah selesai, klem kembali selang makan dan bersihkan segera spuit dan letakkan spuit pada wadah bersih.
  1. Merawat area di sekitar hidung
    Perhatikan area sekitar hidung, apakah terdapat luka akibat selang atau plester yang kotor dan harus diganti. Apabila tidak berpengalaman dalam mengganti plester atau perawatan selang makan lainnya, dianjurkan untuk menggunakan jasa tenaga medis dalam perawatan karena dikhawatirkan akan terdapat perubahan posisi selang.

Daftar Pustaka

Alomedika.com. (2023, 13 November). Edukasi pasien pemasangan gastric tube. Diakses pada tanggal 17 Maret 2024 melalui https://www.alomedika.com/tindakan-medis/gastroentero-hepatologi/pemasangan-nasogastric-tube/edukasi-pasien

RSUDMangusada. (2019). Petunjuk Perawatan NGT. Diakses pada tanggal 17 Maret 2024 melalui https://rsudmangusada.badungkab.go.id/new/public/ckfinder/userfiles/files/09_%20Petunjuk%20Penggunaan%20NGT_compressed.pdf 

Suwignjo, P. (2008). Ketepatan Posisi Nasogastric Tube (NGT) Menggunakan Metode Aspirasi, Auskultasi, dan Metode Merendam Ujung Selang NGT Ke Dalam Air dengan Konfirmasi Rontgen di UGD RS Dr Hasan Sadikin Bandung. (Tesis, Universitas Indonesia). https://lib.ui.ac.id/file?file=digital/2016-10/20437959-Purwo%20Suwignjo.pdf

Editor :
Ns. Nurul Fauziah, M.Med.Ed
Ns. Najmi Ulfa Misbah, S.Kep