Home Care, Pelayanan, dan Keuntungannya

Sumber gambar: Getty Image

Sahabat Appskep tau gak sih kalau semakin berkembangnya dunia kesehatan, sekarang ada yang namanya Home Care?

Apa itu Home Care?

Menurut Departemen Kesehatan RI home care adalah pelayanan kesehatan yang berkesinambungan dan menyeluruh bagi individu dan keluarga di tempat tinggalnya dengan tujuan untuk meningkatkan, memelihara, atau memulihkan kesehatan, atau memaksimalkan kemandirian dan meminimalkan efek negatif akibat penyakit. Artinya home care itu adalah pelayanan kesehatan yang dilakukan di rumah untuk membantu individu dan keluarga oleh tenaga medis profesional. 

Menurut WHO, home care merupakan pelayanan yang dilakukan di rumah dapat mencakup segala hal mulai dari perawatan 24 jam hingga bantuan berkala dengan tugas-tugas yang relatif sederhana seperti perawatan untuk lansia dan orang dewasa dengan keterbatasan karena efek penyakit atau perawatan setelah pulang dari rumah sakit.

Nah apa aja sih pelayanan yang akan didapatkan kalau sahabat menggunakan pelayanan home care? Banyak pelayanan yang sahabat dapatkan, diantaranya :

  1. Perawatan 24 jam
    Sahabat Appskep bisa menggunakan home care di rumah dan mendapat pelayanan 24 jam dengan fasilitas yang sudah ditawarkan sebelum menyetujui pelayanan home care. Jadi, sahabat nggak perlu khawatir jika dalam keadaan mendesak dan tidak dapat langsung pergi ke rumah sakit.
  2. Home care dengan tenaga professional
    Nah, salah satu pelayanan dari home care dilakukan oleh tenaga medis professional dan sudah melalui pelatihan bersertifikat untuk melakukan pelayanan home care yang baik dan nyaman. Sahabat Appskep tidak perlu takut karena home care pasti dilakukan oleh perawat yang kompeten dan profesional.
  3. Skrining penyakit
    Sebelum sahabat Appskep dan keluarga diberikan pelayanan home care pasti dilakukan skrining penyakit sebelum diberikan tindakan dan perawatan. Sahabat Appskep bisa memberi tahu keluhan atau gejala yang dialami kepada petugas home care untuk mendapat perawatan dan pelayanan yang tepat.
  4. Injeksi vitamin
    Home care tidak hanya melayani perawatan sakit berat saja kok. Sahabat Appskep yang ingin melakukan perawatan untuk menjaga stamina dan kesehatan tubuh juga bisa melakukan pelayanan home care injeksi vitamin. Sahabat Appskep hanya perlu memastikan apakah layanan tersebut tersedia di rumah sakit atau klinik tujuan tanpa perlu pergi keluar dengan menghubungi kontak layanannya saja. 
Apa aja sih keuntungan menggunakan home care ini?

Selain pelayanan tentunya ada keuntungannya. Apa aja sih keuntungan menggunakan home care ini? Kalau kita hitung dan pikirkan dengan bijak, sebenarnya pelayanan home care ini banyak keuntungannya lho bagi kita yang menggunakannya. Apa saja itu? Mari disimak:

  1. Lebih murah dan hemat
    Menurut jurnal kesehatan yang MinApps baca, penyediaan layanan di rumah pasien dapat mencakup semua hal sehingga lebih hemat biaya dibandingkan perawatan institusional seperti di rumah sakit, terutama jika layanan kesehatan di rumah yang tersedia digunakan secara efektif. Nah maksudnya, jika layanan home care dimanfaatkan secara maksimal dan efektif sebenarnya pelayanan ini lebih murah daripada harus dirawat di rumah sakit.
  2. Lebih nyaman
    Perawatan yang dilakukan di rumah dengan suasana yang nyaman bisa mempercepat proses penyembuhan dan menjaga suasana hati pasien lebih baik.

Gimana Sahabat Appskep? Apakah tertarik untuk menggunakan layanan home care? Nggak ada salahnya kok untuk mencoba hal baru, apalagi untuk kesehatan sahabat dan keluarga.

Sumber:

  • Farida, Yitno, N. A. M. (2021). Pelayanan Home Care Dalam Meningkatkan Kemandirian Keluarga Dalam Merawat Anggota Keluarga Yang Menderita Diabetes Mellitus. Junal Ilmiah Permas, 11(4), 935–944. http://journal.stikeskendal.ac.id/index.php/PSKM/article/view/1675
  • Lizano-Díez, I., Amaral-Rohter, S., Pérez-Carbonell, L., & Aceituno, S. (2022). Impact of Home Care Services on Patient and Economic Outcomes: A Targeted Review. Home Health Care Management and Practice, 34(2), 148–162. https://doi.org/10.1177/10848223211038305
  • Nugroho, C. (2021). Analisis Bentuk Layanan Homecare Yang Diinginkan Pasien Berdasarkan Kasus Penyakit Di Masa Pendemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Pamenang, 3(1), 27–30. https://doi.org/10.53599/jip.v3i1.78

Editor :
Ns. Nurul Fauziah, M.Med.Ed
Ns. Najmi Ulfa Misbah, S.Kep