Seberapa Besar Manfaat Home Care?

Home care menjadi pilihan pelayanan kesehatan yang menarik. Home care adalah berbagai layanan kesehatan yang dapat diberikan di rumah untuk suatu penyakit atau masalah kesehatan lain. Layanan Home care biasanya lebih murah, lebih nyaman, dan sama efektifnya dengan perawatan yang Anda dapatkan di rumah sakit atau fasilitas perawatan ahli. Home care dapat memberikan pelayanan berupa perawatan luka untuk dekubitus (luka tekan) atau luka pasca operasi, edukasi kesehatan untuk pasien dan keluarga, terapi intravena atau nutrisi, suntikan, memantau penyakit serius dan status kesehatan yang tidak stabil (Medicare, 2023).

Seberapa besar manfaat home care?

Berikut adalah manfaat home care yang telah terbukti di beberapa negara.

Di Korea Selatan, 538 lansia menggunakan home care dan 2059 lansia (cenderung butuh home care) tidak menggunakan layanan home care. Hasilnya lansia yang memanfaatkan home care meningkatkan lama tinggal di rumah dan mengurangi total biaya yang dikeluarkan, rawat inap, dan masuk ke fasilitas perawatan jangka Panjang seperti rumah sakit pada lansia. Lebih detailnya, rata-rata 538 lansia mendapatkan lama tinggal di rumah sebesar 8,3 hari dibandingkan lansia yang tidak menggunakan home care, menghemat total biaya perawatan sebesar US$ 1241 atau setara Rp. 18.752.751 (kurs saat penelitian terbit) (Choi & Yoo, 2023).

Selain itu, Lizano-Díez et al., (2022) seorang peneliti dari Spanyol melakukan Analisa pada 64 home care di seluruh dunia. Hasilnya, sebagian besar diberikan oleh perawat (47 dari 64 home care: 73,4%). Secara umum menunjukkan dampak positif terhadap kepatuhan pasien terhadap pengobatan, kepuasan pasien, dan kualitas kesehatan. Selain itu, sebagian besar home care menghasilkan penghematan biaya yang besar. Sebagai contoh home care, terdapat layanan home care kanker usus di Denmark, kanker payudara di Inggris, leukemia akut di Italia, dan diabetes di Australia.

Dari data di atas, tampak layanan home care adalah opsi yang menarik. Mulai dari menghemat biaya (jika dibandingkan harus ke rumah sakit), pasien lebih punya waktu bersama keluarga di rumah, dan status kesehatan tetap bisa terjaga. Di Indonesia sendiri, telah hadir jasa penyedia home care dengan nama Apps HomeCare. Apps home care menyediakan jasa berupa jasa perawat home care, jasa perawat orang sakit, jasa perawat lansia, perawatan post operasi, perawatan luka modern, dan jasa perawatan home visit (Appskep, 2024).

Bagaimana sahabat appskep? Setelah membaca manfaat yang telah terbukti di atas, tertarik untuk mencoba home care untuk meningkatkan kesehatan kamu dan keluarga?

REFERENSI

homecare.appskep.id. (2024). Perawatan Kesehatan di Rumah dengan Layanan Profesional dan Berkualitas. Diakses pada 4 Maret 2024, dari https://homecare.appskep.id/

Choi, J. W., & Yoo, A. J. (2023). The Impact of Home-Based Primary Care on Outcomes Among Older Adults in South Korea. Journal of the American Medical Directors Association, 24(7), hal. 985-990.e2. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.jamda.2023.03.009

Lizano-Díez, I., Amaral-Rohter, S., Pérez-Carbonell, L., & Aceituno, S. (2022). Impact of home care Services on Patient and Economic Outcomes: A Targeted Review. Home Health Care Management and Practice, 34(2), hal. 148–162. https://doi.org/10.1177/10848223211038305

Medicare.gov (2023). What’s Home Health Care?. Diakses pada 4 Maret 2024, dari https://www.medicare.gov/what-medicare-covers/whats-home-health-care#:~:text=Home health care is a,skilled nursing facility (SNF).

Editor :
Ns. Nurul Fauziah, M.Med.Ed
Ns. Najmi Ulfa Misbah, S.Kep