Ini Dia, Rekomendasi Olahraga Ringan untuk Lansia di Rumah

Sumber Gambar : www.freepik.com

Dewasa ini trend berolahraga di kalangan dewasa dan remaja sedang naik daun. Banyaknya komunitas suatu bidang olahraga mulai bermunculan di kota-kota kita. Tentu dengan mengikutinya Sahabat Appskep dapat mengikut trend sekaligus mendapatkan tubuh yang bugar! Namun, tentu banyak lansia di sekitar kita yang belum dapat menjaga kebugaran dengan berolahraga karena keterbatasan yang ada.

Nah, Sahabat Appskep yang mungkin memiliki lansia di rumah bisa banget menerapkan jenis olahraga yang ringan agar kondisi tubuh lansia tetap bugar. Olahraga seperti apa sih yang bisa diterapkan oleh lansia? Yuk disimak!

Rekomendasi Olahraga Ringan untuk Lansia agar Tetap Bugar
  1. Berjalan Kaki
    Olahraga dengan intensitas ringan seperti berjalan kaki sangat dibutuhkan lansia untuk menjaga kesehatan tubuhnya. Berjalan kaki keliling taman atau sekedar berkeliling di sekitar rumah selama 30 menit dapat dilakukan dengan mudah dan murah. Manfaat yang didapatkan juga banyak lho Sahabat! Seperti menguatkan otot, membantu berat badan tetap stabil, membantu sendi tetap fleksibel, meningkatkan mood dan stamina, bahkan memperkecil kemungkinan terjadinya penyakit jantung, stroke hingga diabetes.
  2. Berdiri dengan Satu Kaki
    Olahraga satu ini mungkin terlihat sepele bagi Sahabat Appskep. Namun untuk lansia olahraga ini bisa memberikan banyak manfaat lho. Cara mudah mempraktekkan olahraga ini yaitu dengan menaruh tangan di pinggang kemudian mengangkat salah satu kaki ke belakang, tahan selama 10-30 detik kemudian turunkan, setelah itu angkat salah satu kaki yang lain. Gerakan ini dapat dilakukan sebanyak 3 kali dan dengan melakukan olahraga ini, lansia diharapkan mendapatkan manfaat seperti meningkatkan keseimbangan, meningkatkan fungsi sendi, hingga memperbaiki postur tubuh.
  3. Yoga
    Olahraga yoga sering digandrungi oleh remaja – dewasa. Olahraga yang sedang naik daun ini juga bisa dipraktekkan oleh lansia Sahabat. Mengutip dari banyak penelitian yang ada, banyak sekali manfaat yoga untuk lansia seperti memperbaiki tidur, mengontrol penyakit diabetes, menurunkan hipertensi, dan bahkan meningkatkan kemampuan pernapasan. Dalam prakteknya, lansia dapat mengikut yoga dengan menonton di layar gawai dengan mengikuti gerakan yang ada. Sahabat Appskep dapat membantu membimbing lansia agar mengikutinya secara perlahan sesuai dengan video yang tersebar di internet. Namun pastikan dulu ya Sahabat Appskep agar videonya benar-benar sesuai dengan gerakan yoga yang cocok untuk lansia.

Itu dia beberapa rekomendasi olahraga ringan yang dapat dipraktekkan di rumah ataupun di lingkungan sekitar. Walau begitu, untuk memastikan kesesuaian olahraga Sahabat Appskep dapat berkonsultasi dahulu dengan tenaga medis yang ahli untuk memastikan olahraga yang cocok dan bermanfaat sesuai dengan kebutuhan.


Referensi

Betterhealth.vic.gov.au. (2022, 7 Desember). Walking: The Benefits for Older People. Diakses pada tanggal 6 April 2024, dari https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/healthyliving/Walking-the-benefits-for-older-people

Healthline.com. (2017, 10 Agustus). Senior Workouts: Exercises for Older Adults. Diakses pada tanggal 6 April 2024, dari https://www.healthline.com/health/everyday-fitness/senior-workouts#balance

Cdc.gov. (2023, 13 April). Physical Activity for Older Adults. Diakses pada tanggal 6 April 2024, dari https://www.cdc.gov/physicalactivity/basics/older_adults/index.html

Asccare.com. (2015, 31 Maret). Yoga for Seniors: A Gentle Practice to Support Health & Vitality. Diakses pada tanggal 6 April 2024, dari https://www.asccare.com/yoga-for-seniors/