Lingkungan yang Nyaman dan Aman Untuk Pengidap Stroke di Rumah

Sumber Gambar : www.freepik.com

Merawat keluarga yang mengidap stroke merupakan sebuah tantangan tersendiri tentunya,  selain karena pola hidup yang berubah, lingkungan di rumah ikut berubah. Perubahan ini mungkin membuat Sahabat Appskep cukup bingung, perubahan apa saja sih yang perlu dilakukan? Berikut beberapa modifikasi lingkungan yang Sahabat bisa ikuti!

  1. Keset
    Pengidap stroke memiliki keterbatasan dalam mempertahankan keseimbangannya. Memperhatikan aspek-aspek yang mengganggu keseimbangan sangat perlu dilakukan. Memberikan keset yang tidak licin dan tidak mudah bergeser di area seperti kamar mandi sangatlah penting, dengan adanya keset seperti ini maka risiko terjadinya jatuh menjadi minimal. Jenis keset yang dapat digunakan yaitu dimodifikasi dengan menambahkan grippers atau dapat beli sepasang rug grippers di toko peralatan rumah.
Sumber gambar : wiener.me
  1. Rails/Grab Rails/Pegangan
    Alat satu ini merupakan komponen yang penting lho Sahabat. Rails atau yang biasa disebut dengan pegangan merupakan alat yang dapat dipasang di berbagai area dalam rumah seperti kamar mandi hingga di area tempat tidur karena pentingnya alat ini untuk mobilisasi. Pegangan seperti ini dapat membantu pengidap stroke bisa bermobilisasi tanpa perlu takut untuk jatuh ataupun terpeleset. Pemasangan pegangan dapat diletakkan di area yang rawan licin atau yang menanjak, seperti kamar mandi dan juga tangga.
Sumber gambar : shutterstock.com
  1. Kasur
    Walau merupakan tempat yang aman dan nyaman, namun modifikasi pada kasur juga perlu lho Sahabat. Perubahan tinggi kasur menjadi lebih rendah perlu diberikan sebagai bentuk pencegahan apabila terguling dan terjatuh saat tidur, setidaknya tidak dari ketinggian yang dapat memperparah kondisi yang ada. Ketinggian yang disarankan adalah dibawah angka 90 cm antara lantai dengan kasur untuk mencegah terjadinya risiko cidera otak yang traumatis.
  2. Selang Shower
    Memasang selang shower dapat membantu mandirinya pengidap stroke saat mandi. Mudahnya penggunaan yang fleksibel dan tanpa adanya beban yang berat seperti penggunaan gayung saat mandi, hal ini tentu mempermudah dan memandirikan penggunanya. Pemasangan selang  shower dapat dipasangkan dengan mengganti kran pada kamar mandi kemudian gagang shower dapat digantung pada dinding kamar mandi.
Sumber Gambar : Freepik.com
  1. Kabel
    Penggunaan kabel listrik di rumah tentu banyak bertebaran di rumah, hal ini perlu Sahabat perhatikan. Manajemen kabel listrik yang terlantar di lantai dapat membahayakan saat berjalan, menyebabkan terlilit hingga jatuh. Memperbaiki dan merapikan kabel listrik yang berserakan di lantai dapat mencegah dari kejadian yang tidak diinginkan. Posisi kabel dipastikan tidak berantakan dan harus beraturan terutama pada lantai, kemudian pastikan kabel dimanajemen dengan memasang perekat yang mengikat kabel agar tidak berhamburan. Pastikan juga kabel menempel di dinding agar area mobilisasi di lantai tidak terhalang.
Sumber Gambar : Freepik.com
  1. Alat Komunikasi
    Pemberian alat komunikasi seperti gawai atau dipasangkannya alat monitor pada kamar yang langsung terhubung dan terpantau dapat membantu untuk memantau kondisi pengidap stroke lebih adekuat untuk memenuhi kebutuhan yang membutuhkan asistensi. Ditambah dengan pemberian cahaya yang terang di ruangan kamar akan mempermudah Sahabat Appskep memonitor lebih baik!

Modifikasi lingkungan di rumah seperti ini akan membantu banyak untuk pengidap stroke, karenanya mobilisasi yang awalnya menjadi hambatan akan menjadi aktivitas sehari-hari yang tentu dapat meningkatkan tingkat kemandirian orang tersebut, tentunya hal ini dipermudah dengan dibantu perawatan berbasis home care. Sahabat dapat mengkonsultasikan setting ruangan yang sesuai kepada perawat homecare, agar tepat memodifikasi sesuai kebutuhan anggota keluarga Sahabat.

Referensi

Flintrehab.com. (2020, 28 Desember). Home Modifications for Stroke Patients. Diakses pada tanggal 11 April 2024, dari https://www.flintrehab.com/home-modifications-for-stroke-patients/

Sardjito.co.id (2022, 25 Juli). Perawatan Pasien Stroke di Rumah. Diakses pada tanggal 11 April 2024, dari https://sardjito.co.id/2022/07/25/perawatan-pasien-stroke-di-rumah/

Saebo.com. (2023, 25 Mei). Home Modifications May Be Required for Stroke Survivors. Diakses pada tanggal 11 April 2024, dari https://www.saebo.com/blog/home-modifications-may-be-required-for-stroke-survivors/

Yankes.kemkes.go.id. (2022, 24 Juli) Menilai Risiko Jatuh dari Tempat Tidur Menggunakan Energi Potensial Gravitasi. Diakses pada tanggal 11 April 2024, dari https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/440/menilai-risiko-jatuh-dari-tempat-tidur-menggunakan-energi-potensial-gravitasi