Mengenal Kompres Hangat, Perisai Awal Berbagai Keluhan Saat di Rumah

Hai sahabat Appskep. Masih ingat artikel terdahulu tentang serba-serbi kompres hangat? Kompres hangat dapat memberikan kenyamanan dan meredakan keluhan-keluhan seperti nyeri ringan, demam dan sebagainya. Metode umum yang paling sering diaplikasikan adalah handuk rendaman air hangat yang ditempelkan pada bagian yang membutuhkan. 

Tapi apakah Sahabat tahu, ada berbagai macam media kompres hangat dengan manfaat spesifik sesuai sifat penghantaran panasnya? Berikut media-media yang dapat digunakan untuk kompres hangat dan cara mempersiapkan dan menggunakannya:

  1. Handuk hangat
    Penggunaan handuk hangat adalah metode yang paling populer  dan cukup mudah. Rendam handuk dalam air hangat bersuhu 40 – 50ᵒ C, peras lalu letakkan pada bagian tubuh yang memerlukan efek panas. Tapi handuk hangat punya kekurangan juga sih sahabat, yaitu suhunya cepat menurun sehingga proses rendam peras harus sering diulang dan perlu mengganti air saat suhunya sudah tidak sesuai lagi.
  2. Botol hangat / water bag 
    Metode ini sering menjadi andalan jika sahabat agak sungkan untuk menggunakan metode rendam peras. Sahabat Appskep dapat memasukkan air hangat ke dalam botol kaca ataupun water bag sampai penuh, lalu tutup dan pastikan tidak ada kebocoran. Botol dapat digunakan untuk kompres dengan membungkusnya memakai handuk tipis atau kain terlebih dahulu agar tidak mencederai kulit. Hanya saja, menggunakan metode ini harus hati-hati lho sahabat. Karena jika tidak ditutup dengan benar, maka air panas akan keluar dari botol dan menyebabkan cedera baru. 
  1. Gel pack
    Bentuk asalnya adalah gel yang dikemas dalam wadah misalnya plastik lembaran atau kotak. Sebenarnya gel pack dapat digunakan baik untuk kompres hangat maupun dingin. Jika untuk kompres hangat, maka ratakan gel pack pada kemasannya, lalu dapat dimasukkan ke dalam microwave. Setelah hangat, gel pack dapat digunakan dengan membungkusnya memakai kain atau handuk tipis terlebih dahulu. Pastikan sahabat membaca dulu petunjuk pemakaian terutama suhu dan waktu microwave yang tepat digunakan untuk memanaskan gel pack.
  1. Bantal panas elektrik
    Bantal panas elektrik merupakan produk populer yang sering digunakan karena praktis, hanya perlu disambungkan ke sumber listrik. Bantal panas dapat diatur suhunya dan akan mati sendiri jika suhu maksimalnya sudah tercapai. Risiko bahaya yang paling kentara dari alat ini adalah resiko sengatan listrik dari alat yang tidak aman. Jadi kalau sahabat Appskep menggunakan bantal panas ini, pastikan aman dari sengatan listrik.
  1. Heat pad instan
    Heat pad instan adalah media kompres hangat sekali pakai. Sangat praktis karena tidak perlu persiapan, hanya tinggal lepaskan segelnya maka zat kimia di dalamnya akan bereaksi dan menghasilkan panas. Media ini bisa digunakan kapan saja, dimana saja namun memang sekali pakai sehingga kurang ekonomis. 
Amazon.com: PUREVACY Disposable Instant Hot Pack for Pain Relief 6 x 8  Inch. 10 Pack Instant Hot Packs for Pain Relief. Compact Instant Heat Packs  for Pain Relief. Lightweight & Durable Heating

Sebenarnya masih ada Teknik kompres panas lain yang dapat digunakan, tetapi 5 metode diatas adalah metode terpopuler dan paling mudah digunakan. Kabar baiknya tentu saja semuanya bisa dilakukan di rumah. Sahabat dapat memilih metode yang paling sesuai dengan kondisi sahabat di rumah ya. 

Namun tetap harus diingat, jika setelah dikompres gejala yang timbul menetap, tidak pulih atau bahkan memberat, maka konsultasikan lah keluhan Sahabat dengan tenaga kesehatan seperti perawat home care atau dokter keluarga. Bisa jadi, keluhan sahabat memerlukan penanganan yang lebih serius. 

Referensi:

https://ppid.sumbarprov.go.id. (2019, April). SOP Memberikan Kompres Hangat dan Membersihkan Mulut. Diakses pada 8 Mart 2024, dari https://ppid.sumbarprov.go.id/images/2019/04/file/ SOP_Memberikan_Kompres_Hangat_Membersihkan_Mulut.docx

www.mdd.gov.hk. (2021, Januari). Factsheet on Products for Heat and Cold Therapies. Diakses pada 28 Februari 2024, dari https://www.mdd.gov.hk/filemanager/common/information-publication/hot_and_cold_eng_20200121_v6_with_photo.pdf

Editor :
Ns. Najmi Ulfa Misbah, S.Kep