Prenatal Yoga : Olahraga Aman di Masa Kehamilan

www.freepik.com

Hai Sahabat Appskep! Tau gak sih? Ternyata ibu hamil sering kali merasakan berbagai ketidaknyamanan loh…

Ketidaknyamanan ini bisa terjadi karena adanya perubahan fisik dan hormon saat kehamilan. Seiring berjalannya waktu, perut yang membesar akan menekan kandung kemih sehingga ibu hamil kerap kali bolak-balik ke kamar mandi untuk BAK, sakit pinggang, dan masih banyak masalah lainnya.

Salah satu perawatan yang dikenal untuk mengurangi ketidaknyamanan pada masa kehamilan adalah dengan berolahraga. Saat masa kehamilan, tentu saja Sahabat Appskep tidak boleh asal-asalan dalam memilih jenis olahraga. Pilihlah jenis olahraga yang aman untuk ibu hamil tanpa mengurangi manfaatnya. Salah satu olahraga yang bisa menjadi pilihan adalah yoga prenatal. Yuk, simak dengan lengkap tulisan di bawah agar Sahabat Appskep lebih mengenal yoga prenatal!

Yoga adalah praktik yang melibatkan pikiran dan tubuh yang telah ada sejak jaman kuno, berasal dari India dan semakin dikenal diseluruh dunia sebagai praktik kesehatan. Prenatal yoga adalah yoga yang dirancang khusus untuk ibu hamil dengan pemilihan gerakan-gerakan yang aman dan biasanya berfokus pada pernafasan.

Menurut berbagai penelitian, prenatal yoga juga memberikan banyak manfaat di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Meningkatkan kualitas tidur
  • Mengurangi nyeri pinggang
  • Mengurangi bengkak di kaki
  • Meningkatkan kekuatan, fleksibilitas dan daya tahan
  • Mengurangi mual
  • Mengurangi sakit kepala
  • Mengurangi stres
  • Mengurangi risiko kelahiran prematur

Mengikuti kelas yoga prenatal

Setelah mengetahui banyaknya manfaat yoga prenatal, pasti Sahabat Appskep tertarik untuk belajar yoga prenatal. Ada beberapa faktor penting yang perlu dipertimbangkan ketika memilih untuk belajar yoga prenatal. 

Salah satu cara paling aman yang dapat dilakukan adalah dengan mengikuti kelas yang dirancang untuk ibu hamil. Penting bagi Sahabat Appskep untuk mencari kelas yoga prenatal yang diajarkan oleh instruktur yoga prenatal bersertifikat karena mereka lah yang paling memahami gerakan-gerakan mana yang harus dihindari dan gerakan-gerakan mana saja yang harus dilakukan. 

Nah, Sahabat Appskep tidak usah bingung lagi mencari layanan prenatal yoga yang terpercaya karena HomecareApps menawarkan kelas prenatal yoga yang pastinya aman, terpercaya, dan harga yang ramah dikantong.

Referensi :

American Pregnancy Asociation. (2023). Prenatal Yoga. Diakses pada Sabtu, 16 Maret 2024 dari https://americanpregnancy.org/healthy-pregnancy/pregnancy-health-wellness/prenatal-yoga/ 

Curtis, K., Weinrib, A., & Katz, J. (2012). Systematic review of yoga for pregnant women: current status and future directions. Evidence-based complementary and alternative medicine : eCAM2012, 715942. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3424788/ 

Palifiana, D., Khasanah, N., & Jati, R. (2020). The Effectiveness of Prenatal Yoga on Reducing the Inconvenience in The Third-Trimester Pregnancy at Asih Waluyo Jati Clinic. Jurnal Kebidanan Indonesia, 11(1), 47-61. https://jurnal.stikesmus.ac.id/index.php/JKebIn/article/view/325/274 

Editor :
Ns. Nurul Fauziah, M.Med.Ed
Ns. Najmi Ulfa Misbah, S.Kep