ASI Sedikit dan Tidak Keluar? Coba Pijat Oksitosin!

Sumber Gambar : www.freepik.com

Hai Sahabat Appskep! Produksi ASI kamu sedikit? Jangan panik dulu ya, mungkin pijat oksitosin adalah solusi yang kamu cari. Untuk lebih memahami tentang pijat oksitosin yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah!

Apa itu pijat oksitosin?

Pijat oksitosin adalah terapi non-obat untuk menstimulasi produksi ASI dengan cara melakukan pijatan di area punggung. Pijatan ini membuat ibu lebih rileks dan dapat membantu pelepasan hormon oksitosin. Pijatan pada tulang belakang yang kaya akan saraf akan merangsang otak untuk melepaskan oksitosin lebih banyak dan akan membantu produksi serta pengeluaran ASI.

Bagaimana cara melakukan pijat oksitosin?

Sebelum memulai pijatan, tentu saja kita harus menyiapkan beberapa alat terlebih dahulu seperti:

  1. Kursi dan meja
  2. Handuk besar
  3. Washlap dan air hangat
  4. Minyak zaitun/minyak kelapa

Nah, jika sudah menyiapkan alat langsung saja kita masuk ke langkah-langkah pijatnya yuk Sahabat Appskep, berikut cara melakukan pijat oksitosin:

Gambar oleh Vaikoh, 2017
  1. Cuci tangan menggunakan sabun
  2. Meminta ibu melepaskan pakaian bagian atas
  3. Memposisikan ibu duduk di kursi dan memeluk bantal atau dengan menopang lengan di atas meja, pastikan posisi ibu rileks
  4. Pasangkan handuk dipangkuan ibu
  5. Lumuri tangan dengan minyak
  6. Pijat sepanjang kedua sisi tulang belakang menggunakan dua kepalan tangan dan ibu jari menunjuk ke arah depan
  7. Tekan menggunakan kedua ibu jari dengan gerakan memutar kecil
  8. Pijat bersamaan pada kedua sisi tulang belakang dari bawah leher sampai tuang belikat selama 3-5 menit
  9. Ulangi pijatan 3-5 kali
  10. Bersihkan minyak di punggung ibu menggunakan washlap dan air hangat

Berapa lama pijat oksitosin dilakukan?

Pijat oksitosin dapat dilakukan 2 kali sehari dengan durasi kurang lebih 15 menit setiap kali pijat. Durasi juga dapat diperpanjang sampai ibu merasa rileks. Untuk hasil yang lebih optimal, pijat oksitosin dapat dilakukan secara rutin setiap harinya.

Siapa yang dapat melakukan pijat oksitosin?

Pijat oksitosin dapat dilakukan oleh tenaga medis atau pijat oksitosin juga dapat dilakukan oleh suami atau keluarga di rumah. 

Gimana nih Sahabat Appskep, sudah lebih paham tentang pijat oksitosin kan? Yuk, langsung praktikan pijat oksitosinnya! Atau jika kamu masih ragu, boleh banget loh menggunakan layanan home care yang pastinya siap sedia untuk membantu masalah kesehatan di rumah.

Daftar Pustaka :

Mahulette, Y., Mundarti., & Masini. (2022). Oxytocin Massage Streamlining Breast Milk: Literature Review. Midwifery and Nursing Research Journal, 4(2), 48-51. https://ejournal.poltekkes-smg.ac.id/ojs/index.php/MANR/article/view/8339/2728.

Tim Pokja Pedoman SPO PPNI. (2021). Pedoman Standar Prosedur Operasional Keperawatan, Edisi 1. Jakarta : DPP PPNI

Wahyuningsih, Sri & Hayati, Nurul & Musviro, Musviro & Agustina, Riska. (2022). Oxytocin Massage Stramlining Breast Milk: Literature Riview. Nursing and Health Sciences Journal (NHSJ). 2. 367-373. https://nhs-journal.com/index.php/nhs/article/view/160.

Editor :
Ns. Nurul Fauziah, M.Med.Ed
Ns. Najmi Ulfa Misbah, S.Kep