Kenali Batuk Efektif Lebih Dekat

Sumber Gambar : www.freepik.com

Batuk merupakan salah satu respon tubuh yang muncul akibat peradangan yang terjadi di saluran pernafasan sehingga meningkatkan produksi lendir atau sekret atau dahak. Batuk menjadi cara tubuh untuk mengeluarkan lendir tersebut agar tidak tertahan di jalan nafas dan tidak menghambat keluar masuknya udara. Namun jika batuk terus menerus terjadi, akan menguras energi sehingga tubuh menjadi lelah. Selain disarankan untuk mengonsumsi obat batuk, minum air hangat, Batuk efektif dapat membantu meredakan batuk.

Sahabat pernah dengar istilah “Batuk Efektif”? 

Batuk efektif didefinisikan sebagai bagaimana cara batuk yang benar agar dapat menghemat energi dan penderita tidak mudah lelah serta sekret/sputum (dahak) dapat dikeluarkan dengan maksimal. 

Apa yang terjadi jika batuk tidak efektif?

Batuk yang tidak efektif tentu saja tidak mengeluarkan sekret/dahak secara maksimal, sehingga sekret tadi terjebak di jalan nafas dan jika dibiarkan akan menghambat masuknya oksigen ke paru – paru.

Lalu, seperti apa batuk yang efektif itu? 
  1. Kamu perlu menyiapkan beberapa bahan seperti tisu atau sapu tangan, cairan desinfektan, dan satu gelas air hangat.
  2. Kamu bisa melakukan dengan posisi tubuh duduk dan kaki menyentuh lantai. Bisa juga duduk di kursi atau bersandar di tempat tidur.
  3. Letakkan tangan di depan dada, bisa dengan cara melipat tangan atau menyilangkan tangan, lalu tarik napas melalui hidung secara perlahan dan keluarkan melalui mulut.
  4. Tarik napas dalam 4-5 kali.
  5. Pastikan saat sahabat menarik nafas pertahankan bahu tetap pada posisi rileks, yaitu posisi dada bagian atas tidak bergerak dan biarkan rongga perut bergerak naik. Tahan nafas selama 2-3 detik, hembuskan perlahan.
  6. Pada tarikan nafas hitungan kelima, bungkukkan badan sambil menekan lengan ke dada lalu batukkan.
  7. Lalu angkat bahu dan longgarkan pergerakan dada, lalu batukkan.
  8. Batuk harusnya berlangsung kuat dan pendek. Cara ini akan membuat dahak keluar.
  9. Gerakan menarik napas secara perlahan melalui hidung dapat membantu dahak mengalir ke arah belakang saluran napas. Jika dahak dapat dikeluarkan, buanglah pada tempat yang sudah kamu sediakan atau buang ke tempat sampah. Pastikan kamu membuang dahak ke tempat yang tidak mengkontaminasi udara, air, atau benda sehingga bisa terhirup atau terkena orang lain
  10. Lakukanlah beberapa kali sampai merasa bisa bernapas lebih lega dan batuk mereda.
Referensi

ners.unair.ac.id. Pentingnya Mengetahui Cara Batuk Efektif untuk Pengeluaran Dahak.

hellosehat.com.(7 September 2023). Batuk Terus Bikin Lelah, Pelajari Teknik Batuk Efektif Berikut!.

Baca Juga : https://blog.appskep.id/perawatan-luka-tekan-yang-tepat-dapat-cegah-infeksi-berikutnya/

Editor :
Ns. Nurul Fauziah, M.Med.Ed