Hobi Travelling? Mari Mengenal Lebih Dekat Profesi Travel Nurse 

Foto: Perawat (Dok. Pexels)

Familiar dengan istilah Travel Nurse? Salah satu lingkup profesi keperawatan yang jarang di dengar di Indonesia tapi memiliki pengalaman dan gaji yang sangat fantastis di luar negeri terutama Amerika Serikat. Menurut Hansen & Tuttas (2022) dalam Jurnal Nursing Administration Quarterly, alasan perawat memilih profesi travel nurse antara lain kompensasi finansial, pandemi COVID-19, pengalaman travelling, bekerja dengan rumah sakit dan lokasi yang berbeda, serta kebebasan untuk fokus dalam merawat pasien. 

Di era industri yang berkembang secara cepat menuntut banyak perubahan termasuk perkembangan dan kebaruan profesi dalam lingkup kesehatan. Perawat yang selalu dikaitkan dengan lingkup kerja seperti Rumah Sakit, Puskesmas, dan fasilitas kesehatan lainnya pun bergeser dengan kesempatan dan tawaran yang luar biasa. 

Apa itu Travel Nurse

Travel Nurse adalah perawat yang terkualifikasi dan memiliki Surat Tanda Registrasi (STR) yang bekerja di bawah agensi secara independen dengan tugas untuk mengisi posisi yang kosong di berbagai lokasi yang berbeda dengan memberikan konsep asuhan keperawatan sesuai pedoman. Konsep profesi ini berkembang dari respons terhadap kekurangan perawat secara global sehingga travel nurse akan bekerja secara jangka pendek sebagai solusi dari isu tersebut. 

Bagaimana di Indonesia? Profesi travel nurse seringkali direkrut oleh Kementerian Kesehatan di Indonesia untuk pelaksanaan ibadah haji. Dilansir pada Kompas, partisipan dari ibadah haji rata-rata adalah orang lanjut usia dengan resiko masalah kesehatan yang tinggi. Tidak hanya itu, travel nurse juga dapat disewa oleh pasien untuk mendampingi perjalanan berobat di luar negeri.  Akan tetapi, masih belum ada peraturan yang jelas berkaitan dengan profesi travel nurse di Indonesia. 

Apa saja manfaat menjadi Travel Nurse? 

Gaji yang didapatkan dari profesi ini lumayan fantastis. Dilansir melalui nursejournal.org, gaji yang diperoleh mencapai $2,666 per minggu setara dengan Rp. 41.329.265.10. Hal ini dipengaruhi oleh permintaan akan profesi ini yang cukup tinggi sehingga gaji yang didapatkan dapat lebih tinggi dibandingkan dengan gaji yang ditawarkan pada posisi permanen. Selain itu, travel nurse diberikan berbagai fasilitas lainnya seperti tempat tinggal, biaya makan, dan uang saku.

Apa saja syarat, riwayat pendidikan, sertifikasi untuk menjadi Travel Nurse? 

Menurut registered nursing.org, untuk menjadi travel nurse  tidak terdapat ujian tambahan. Akan tetapi, untuk melamar posisi ini diperlukan minimal riwayat pendidikan adalah D3 Keperawatan atau S1 Keperawatan. Dalam beberapa agensi yang menaungi travel nurse, terdapat kualifikasi minimal pengalaman 1 tahun pada bidang spesialis keperawatan.

Terdapat beberapa sertifikasi yang diharuskan pada perawat untuk menjadi travel nurse seperti Basic Life Support (BLS), Advanced Cardiac Life Support (ACLS), Pediatric Advanced Life Support (PALS), Trauma Nurse Core Course (TNCC), dan lainnya. Untuk travel nurse yang akan bepergian dengan rute internasional diharuskan untuk memiliki paspor dan work visa (izin tinggal), sertifikat vaksinasi, pengetahuan bahasa asing seperti Bahasa Inggris dan pengetahuan penyakit pada lokasi tertentu. 

Belajar dan beradaptasi dengan kondisi klinis dan setting yang beragam dalam jangka pendek akan menjadi pengalaman yang menakjubkan. Maka dari itu, diperlukan kemampuan beradaptasi dengan perbedaan budaya dan kebiasaan lokasi tertentu. 

Jadi, apakah Sahabat Appskep tertarik untuk berpergian dan menjadi travel nurse? Akses dan unduh Appskep Indonesia untuk artikel terbaru tiap harinya!

Baca juga: Jenis-Jenis Terapi Oksigen yang harus Kamu Ketahui – Appskep 

Referensi: 

  • Goodwin.edu. (n.d). Travel Nurse. Diakses pada 10 Maret 2024.  https://www.goodwin.edu/glossary/travel-nurse.
  • Hansen, April MSN, RN; Tuttas, Carol PhD, RN. (2022). Lived Travel Nurse and Permanent Staff  Nurse Pandemic Work Experiences as Influencers of Motivation, Happiness, Stress, and  Career Decisions: A Qualitative Study. Nursing Administration Quarterly 46(3):p 245-254. https://journals.lww.com/naqjournal/fulltext/2022/07000/lived_travel_nurse_and_permane nt_staff_nurse.8.aspx. 
  • Kompas.com. (2023, 18 Desember). Registration for Hajj Health Workers is Open Until December  31, 2023. Diakses pada 10 Maret 2024.  https://www.kompas.id/baca/english/2023/12/18/en-pendaftaran-tenaga-kesehatan-haji dibuka-hingga-31-desember-2023. 
  • Nursejournal.org. (2022, 23 November). What is Travel Nurse?. Diakses pada 10 Maret 2024.  https://nursejournal.org/careers/travel-nurse/. 
  • Registerednursing.org. (2023, 30 September). Travel Nurse. Diakses pada 10 Maret 2024.  https://www.registerednursing.org/specialty/travel-nurse/. 
  • Sejawatforher.com. Mengenal Lebih Jauh Profesi Traveling Nurse yang Hobi Bepergian. Diakses  pada 10 Maret 2024. https://sejawatforher.com/article/mengenal-lebih-jauh-profesi traveling-nurse-yang-hobi-bepergian.

Editor :
Ns. Nurul Fauziah, M.Med.Ed
Ns. Najmi Ulfa Misbah, S.Kep