Mengapa Homecare Pasca Operasi Penting? Solusi untuk Dukungan Penyembuhan di Rumah

Sumber Gambar : Freepik

Dalam lingkungan keluarga, Sahabat Appskep dapat dihadapkan pada situasi di mana anggota keluarga harus menjalani perawatan medis, seperti operasi. Operasi sendiri merupakan prosedur yang memerlukan ketelitian dan kebersihan tingkat tinggi. Setelah menjalani operasi, beberapa pasien dapat kembali ke rumah dalam waktu yang relatif singkat. Namun, seringkali Sahabat merasa kebingungan tentang bagaimana memberikan dukungan yang tepat untuk mempercepat proses penyembuhan mereka. Pemberian homecare sendiri merupakan Solusi yang sangat tepat dalam membantu proses penyembuhan. Mengapa perawatan homecare pasca operasi itu diperlukan? Mari kita bahas!

Apa itu Homecare?

Homecare adalah pelayanan kesehatan yang diberikan untuk memberi dukungan proses penyembuhan di rumah untuk mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik. Pemberi layanan kesehatan ini juga merupakan tenaga medis yang ahli seperti fisioterapis, perawat, dokter, dan lain-lain. Homecare mencakup pengobatan secara medis, perawatan fisioterapi, bahkan hingga vaksinasi.

Siapa yang Membutuhkan Homecare?

Jenis pasien yang mendapatkan layanan homecare juga cukup beragam. Mulai dari pasien dengan penyakit kronis seperti diabetes mellitus, kanker, penyakit jantung, hingga pasien yang sedang dalam proses rehabilitasi pasca operasi membutuhkan pelayanan homecare agar mencapai kualitas hidup yang lebih baik.

Mengapa Pasien Pasca Operasi Membutuhkan Homecare?

Layanan homecare pada pasien pasca operasi memberikan dukungan yang komprehensif untuk meningkatkan kualitas hidup. Pengkajian lingkungan rumah pasien dilakukan untuk memastikan keamanan. Manajemen nyeri, rehabilitasi fisik, dan perawatan luka pasca operasi juga diberikan untuk mempercepat proses penyembuhan.

Dengan pelayanan homecare, pasien pasca operasi mendapatkan perawatan yang holistik di lingkungan yang nyaman. Ini membantu mereka pulih dengan lebih cepat dan meminimalkan risiko komplikasi. Jadi, memberikan perawatan homecare pasca operasi bukan hanya penting, tetapi juga berdampak positif pada proses penyembuhan lho, Sahabat.

Dengan mengintegrasikan homecare ke dalam rencana pemulihan pasca operasi, kita dapat memastikan bahwa pasien mendapatkan perawatan yang sesuai dan dukungan yang mereka butuhkan untuk kembali pulih sepenuhnya. Dengan demikian, homecare bukan hanya sekadar pilihan, tetapi menjadi bagian integral dari perawatan kesehatan yang holistik dan efektif agar tercapainya kualitas hidup pasien menjadi lebih baik.

Daftar Pustaka

Baca Juga : https://blog.appskep.id/ini-dia-rekomendasi-olahraga-ringan-untuk-lansia-di-rumah/

Editor :
Ns. Nurul Fauziah, M.Med.Ed
Ns. Najmi Ulfa Misbah, S.Kep