5 Alasan Home Care Merupakan Pilihan Terbaik

Sahabat Appskep, Home care atau dikenal juga dengan pelayanan kesehatan di rumah tentu sudah tidak asing di telinga. Layanan home care sudah biasa digunakan di negara-negara maju karena memiliki banyak keuntungan. Home care menawarkan pelayanan yang sangat beragam mulai dari perawatan luka post operasi, pijat bayi, baby spa, pemulihan, dll. Jika Sahabat Appskep masih ragu menggunakan layanan home care, yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah!

Alasan menggunakan home care

  1. Mempererat ikatan keluarga
    Seperti yang kita tahu bahwa home care merupakan pelayanan berbasis rumah. Sahabat tidak perlu ke rumah sakit untuk melakukan perawatan. Saat pasien dirawat di rumah, maka pasien akan lebih sering berinteraksi dengan keluarganya. Setiap anggota keluarga memiliki peran yang berarti dalam kesembuhan pasien.
    Dukungan dari keluarga akan memiliki dampak positif terhadap kesehatan pasien. Hal ini penting agar pasien tidak merasa diabaikan. Dukungan keluarga juga akan memberikan motivasi lebih kepada pasien yang akan berdampak pada proses kesembuhan.
  1. Hemat biaya
    Jika pasien dirawat di rumah sakit maka akan ada biaya lain di luar biaya jasa dan obat seperti, biaya untuk sewa ruangan dan makanan yang menyebabkan biaya perawatan menjadi lebih mahal. Jika Sahabat membawa pasien bolak-balik ke rumah sakit juga akan mengeluarkan biaya transportasi yang tidak sedikit jumlahnya. Saat ini, sudah banyak layanan home care berkualitas yang menawarkan jasa dengan harga yang tidak terlalu mahal dengan kualitas perawatan yang baik.
  1. Fleksibel
    Saat SahabatAppskep menggunakan layanan home care, maka tenaga medis profesional yang akan mendatangi rumah dan bukan sebaliknya. Hal ini dapat menjadi nilai positif karena Sahabat dapat menyesuaikan jam perawatan sesuai dengan jadwal harian.
  1. Kenyamanan
    Pasien yang mendapatkan perawatan di rumah pasti akan lebih nyaman karena sudah terbiasa dengan suasana di sekitarnya. Pasien dapat tidur di kamar yang biasa dipakai, menggunakan toilet pribadi, dan melanjutkan kegiatan sehari-sehari seperti biasa. Kenyamanan menjadi poin penting dalam pemulihan pasien karena jika pasien kurang nyaman, maka akan menimbulkan stres baru yang akan menghambat proses pemulihan pasien.
  1. Perawatan komprehensif dan intensif
    Tenaga medis yang dikirimkan akan berfokus pada 1 pasien, sehingga perawatan yang diberikan akan lebih komprehensif. Tenaga medis yang bertugas juga akan lebih peka terhadap kebutuhan pasien.

Source :

  • Ellenbecker CH, Samia L, Cushman MJ, et al. (2008). Patient Safety and Quality in Home Health Care. Agency for Healthcare Research and Quality (US).
  • Lizano-Díez I, Amaral-Rohter S, Pérez-Carbonell L, Aceituno S. (2022). Impact of Home Care Services on Patient and Economic Outcomes: A Targeted Review. Home Health Care Management & Practice, 34(2):148-162. https://journals.sagepub.com/doi/10.1177/10848223211038305
  • Sulfianti, S., Kurniawati, R., Raule, J., Irawan, B., & Lontaan, A. (2023). Family Social Support and Its Impact on Home Care Services in The Elderly. Jurnal Aisyah : Jurnal Ilmu Kesehatan, 8(1), 561-566. https://aisyah.journalpress.id/index.php/jika/article/view/8176
  • Family Matters In-Home Care. 10 Advantages & Benefits of Home Care for Seniors. Diakses  pada Minggu, 25 Februari 2024 dari https://familymattershc.com/10-benefits-of-home-care.

Editor :
Ns. Nurul Fauziah, M.Med.Ed
Ns. Najmi Ulfa Misbah, S.Kep