Home Care Pasca Melahirkan: Perawatan yang Dibutuhkan Setelah Melahirkan

Sumber gambar : Freepik

Tahukah Sahabat Appskep, bahwa perawatan ibu hamil tidak berhenti sampai melahirkan saja? Lantas, apa saja yang perlu diperhatikan dalam perawatan ibu setelah melahirkan? Yuk, simak penjelasan lengkapnya di bawah!

Periode post partum atau pasca melahirkan dimulai segera sejak bayi telah lahir. Periode ini berlangsung selama 6 minggu. Menurut ACOG (American College of Obstetricians and Gynecologists) setidaknya 40% wanita tidak mencari perawatan pasca melahirkan. Padahal pada masa ini, sering timbul masalah-masalah yang perlu menjadi perhatian dan perlu penanganan yang tepat agar tidak menimbulkan efek negatif pada kesehatan ibu dan bayi.  

Layanan home care pasca melahirkan bertujuan untuk memberikan layanan prima untuk ibu dan bayi agar kesehatannya tetap terjaga. Dalam artikel ini, akan dijelaskan apa saja kebutuhan yang diperlukan pasca melahirkan dan layanan home care apa saja yang bisa Sahabat Appskep gunakan untuk membantu meringankan aktivitas sehari-hari setelah melahirkan.

Kebutuhan Ibu Setelah Melahirkan

Berikut beberapa tips agar pemulihan fisik ibu optimal, di antaranya sebagai berikut:

  1. Istirahat cukup
    Melahirkan bayi memerlukan perjuangan yang berat dan sangat melelahkan. Kemungkinan besar, ibu tidak dapat istirahat cukup saat berada di rumah sakit. Beberapa minggu pertama setelah melahirkan adalah waktu yang sangat penting untuk beristirahat. Usahakan untuk istirahat saat bayi tertidur. Istirahat yang cukup akan membantu pemulihan dan mengurangi stres.
  1. Jangan mengangkat beban berat
    Penting untuk Sahabat Appskep ingat bahwa jangan mengangkat beban berat melebihi berat bayi saat masa pemulihan. Hal ini sangat penting apalagi untuk Sahabat Appskep yang melahirkan dengan metode operasi sesar.
  1. Menjaga kebersihan tangan
    Rajin mencuci tangan penting untuk mencegah infeksi yang tidak diinginkan. Pastikan untuk mencuci tangan menggunakan sabun setelah menggunakan kamar mandi, mengganti popok, dan sebelum menyusui.
  1. Batasi penggunaan tangga
    Bagi Sahabat Appskep yang melahirkan dengan metode sesar perlu diingat bahwa pada minggu pertama setelah melahirkan, usahakan untuk mengurangi aktivitas naik turun tangga. Aktivitas ini akan meningkatkan tekanan dalam perut (tekanan intra abdomen) sehingga dapat menyebabkan cedera dan perdarahan pada area luka operasi yang belum pulih seutuhnya.
  1. Meminta bantuan orang lain
    Melakukan aktivitas harian ditambah dengan merawat bayi baru lahir bukanlah pekerjaan yang mudah. Wajar jika anda merasa lelah apalagi jika ini kali pertama Sahabat mengurus anak. Tidak ada salahnya untuk meminta anggota keluarga lain untuk membantu atau Sahabat Appskep bisa meminta bantuan kepada perawat home care untuk membantu dalam proses pemulihan atau membantu merawat bayi.
Layanan Homecare Pasca Persalinan yang Dapat Anda Gunakan
  • Perawatan ibu dalam masa nifas
  • Perawatan luka sesar
  • Perawatan tali pusat bayi
  • Memandikan bayi
  • Baby spa
  • Pijat bayi
  • Edukasi merawat bayi
  • Edukasi KB
  • Edukasi gizi yang seimbang untuk ibu dan anak
  • Membantu adapatasi ibu dan keluarga
  • Dan lain-lain

Layanan-layanan di atas dapat membantu meringankan beban fisik ataupun psikologis ibu untuk mencegah sindrom baby blues. Sahabat Appskep pastikan untuk memilih layanan home care yang terpercaya agar keluarga dapat mendapatkan perawatan terbaik. 

Referensi :

Editor :
Ns. Nurul Fauziah, M.Med.Ed
Ns. Najmi Ulfa Misbah, S.Kep