Untuk Yang Terkasih! Berikut 3 Manfaat Layanan Perawat Lansia di Rumah

Foto: Aging Care Nursing (Dok. Pexels)

Jumlah lansia di Indonesia semakin meningkat. Menurut data yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2022, sekitar 10,48% dari populasi Indonesia merupakan penduduk lanjut usia (lansia), namun lebih dari separuh dari mereka, sebanyak 48,14%, menghadapi tantangan dalam hal kesehatan. Hal ini beriringan dengan proses penuaan yang ditandai dengan penurunan fungsi dan daya tahan fisik sehingga menimbulkan berbagai  masalah kesehatan seperti hipertensi, diabetes melitus, artritis, stroke, Penyakit Paru  Obstruktif Kronik (PPOK), penyakit jantung, penyakit sendi, dan lainnya. Dengan kondisi  ini, lansia memerlukan perhatian khusus untuk meningkatkan kualitas hidup dan  kesejahteraan lansia di usia senja.  

Merawat lansia dengan masalah kesehatan yang beragam menjadi tantangan yang cukup sulit  bagi beberapa anggota keluarga. Penurunan fungsi fisik menyebabkan lansia membutuhkan  bantuan untuk menjalankan berbagai aktivitas. Kondisi ini akan menimbulkan kekhawatiran pada anggota keluarga yang memiliki pekerjaan dan tidak dapat tinggal untuk merawat orang  tua di rumah. Hal ini menjadi alasan kehadiran home care untuk lansia dalam menjawab  kekhawatiran keluarga untuk memberikan perawatan kesehatan yang terbaik untuk terkasih  selama di rumah.  

Penuaan tidak bisa dihindari. Namun, menjadi lansia bukan berarti kehilangan kemandirian  ataupun kualitas hidup. Memilih perawatan kesehatan yang tepat menjadi kunci penting.  Perawatan yang terpersonalisasi terhadap individu, fokus, dan membangun kenyamanan di 

rumah menjadi salah satu revolusi perawatan untuk lansia yang hadir lewat layanan perawat  lansia.  

Berikut, 3 manfaat layanan perawat lansia di rumah yang perlu kamu ketahui! 

  1. Perawatan Yang Terpersonalisasi 
    Melalui layanan perawat lansia yang berpengalaman di rumah, lansia mendapatkan  perawatan dan perhatian yang disesuaikan dengan kondisi setiap lansia. Perawat  lansia akan memantau kondisi kesehatan, mengatur jadwal makan dan minum obat,  memberikan perawatan seperti kompres hangat dan pijat, serta berbagai jenis  perawatan lainnya yang terpersonalisasi. Pendekatan yang disesuaikan dengan kondisi  setiap individu memastikan lansia menerima perawatan dan dukungan yang tepat,  meningkatkan kualitas hidup, dan memberikan kesejahteraan bagi lansia.  
  2. Perawatan untuk Kemandirian Lansia 
    Perawat lansia memberikan layanan kesehatan untuk meningkatkan kemandirian  lansia. Aktivitas sehari-hari menjadi hal yang sulit dilakukan oleh lansia di usia senja  karena penurunan fungsi fisik sehingga perawat lansia hadir untuk memberikan  dorongan untuk mempertahankan atau meningkatkan kemampuan melakukan  aktivitas sehari-hari.
  3. Meningkatkan Kenyamanan Suasana Rumah 
    Menjaga lansia di rumah merupakan kewajiban dan tanggung jawab keluarga.  Namun, dihadapkan dengan situasi krisis dan pengetahuan yang belum cukup untuk  menghadapi situasi tersebut dapat menimbulkan ketidaknyamanan. Perawat lansia  hadir untuk meningkatkan kenyamanan di rumah, memberikan bantuan komprehensif,  dan memenuhi segala kebutuhan lansia langsung dari rumah.  

Home is Where The Health is— rumah adalah darimana kesehatan berasal. Peran perawat  lansia memiliki peran penting terhadap kesejahteraan, kenyamanan, dan kualitas hidup lansia  lewat perawatan yang komprehensif di rumah. 

Menjadi pertanyaan, bagaimana memilih layanan perawat lansia di rumah yang sesuai? Tidak  perlu khawatir! AppsHomeCare dengan pelayanan perawat lansia di rumah bisa menjadi pilihan  terbaik. Perawat yang profesional dan terampil akan membantu untuk memberikan perawatan  yang terpersonalisasi dan meningkatkan kesehatan serta kualitas hidup lansia.  

Akses website AppsHomecare untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. Untuk yang  terkasih, pilih AppsHomecare! 

Baca Juga: KABAR BAIK ! APPS HOMECARE, Layanan Kesehatan Dari Rumah Telah  Hadir di Kota Padang – Appskep https://appskep.id/kabar-baik-apps-homecare-layanan-kesehatan-dari-rumah-telah-hadir-di-kota-padang/

Referensi :  

Agingcare.com. (n.d). 5 Benefits of Home Care for Seniors.  https://www.agingcare.com/articles/benefits-of-hiring-home-care-for-an-older-adult 182771.html. Diakses pada 22 Maret 2024. 

Commonwisecare.com. (2020, 6 Februari). Benefits of Elderly Care at Home.  https://www.commonwisecare.com/resources/advantages-of-taking-care-of-the elderly-at home#:~:text=Home%20Care%20Preserves%20Health%20and%20Independence&te xt=Being%20able%20to%20live%20at,%2C%20helpless%2C%20or%20even%20bitt er. Diakses pada 22 Maret 2024.  

Docgenie.in. (2022, 1 Februari). Benefits of Geriartric Care for Elderly People’s Health.  https://www.docgenie.in/blogs/benefits-of-geriatric-care-for-elderly-peopl/. Diakses  pada 22 Maret 2024. 

Imanishi, M., Tomohisa, H., & Higaki, K. (2015). Quality of life in elderly people at the start  of using in-home care. SpringerPlus, 4, 381. https://doi.org/10.1186/s40064-015- 1161-x. 

Ybkb.or.id. (2023, 31 Agustus). Pemeriksaan Kesehatan Lansia YBKB 2023: Hidup Sehat  Berkualitas di Usia Senja. https://ybkb.or.id/pemeriksaan-kesehatan-lansia-ybkb 2023-hidup-sehat-berkualitas-di-usia-senja. Diakses pada 22 Maret 2024.

Editor :
Ns. Nurul Fauziah, M.Med.Ed
Ns. Najmi Ulfa Misbah, S.Kep