Perawat Cath-Lab, Jalur Karir Perawat yang Banyak Dibutuhkan Rumah Sakit

Sumber Gambar : www.freepik.com
Tingginya angka kematian penyakit kardiovaskular

Penyakit kardiovaskular merupakan salah satu penyebab kematian terbanyak di dunia, dan di Indonesia sendiri penderita penyakit kardiovaskular mengalami peningkatan setiap tahunnya. Beberapa penanganan penyakit kardiovaskular ini bisa diatasi dengan tindakan pembedahan minimal invasive, dan tindakan tersebut dilakukan di ruangan yang disebut ruang Cath-Lab atau Catheterization Lab.

Ruangan Cath-Lab merupakan ruangan kateterisasi atau ruangan khusus tindakan yang di mana Sahabat bisa temukan di beberapa rumah sakit di Indonesia. Semua prosedur di ruangan Cath-Lab memiliki kesamaan dalam prosesnya, yaitu dengan memasukkan selang khusus atau kateter lewat pembuluh darah vena maupun arteri.

Dilansir dari berita, Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin telah menargetkan untuk membuka layanan Cath-Lab terpenuhi di 207 kabupaten/kota di seluruh Indonesia. Beliau menjelaskan target ini dibuat karena penyakit kardiovaskular adalah salah satu penyakit yang paling banyak diderita di Indonesia pada saat ini dan sementara itu layanan Cath-Lab hanya tersedia di 28 provinsi, 6 provinsi lainnya yang belum memiliki layanan ini antara lain Bangka Belitung, Sulawesi Barat, Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat.

Dengan beredarnya kabar ini, Sahabat Appskep yang masih bingung dengan bidang kerja yang ada, bisa banget memilih karir sebagai perawat Cath-Lab karena semakin meningkatnya kebutuhan sumber daya manusia di layanan ini.

Apa saja tugas dan tanggung jawab perawat Cath Lab?

Perawat Cath-Lab merupakan tenaga medis yang khusus untuk bekerja di bidang kateterisasi baik sebelum, saat, dan juga setelah tindakan. Tugas pokok perawat Cath-Lab adalah mengasistensi proses kateterisasi, mengkaji pasien dengan memastikan bahwa pasien siap dilakukan tindakan, memonitor tanda-tanda vital pasien selama di ruangan Cath-Lab.

Walau tindakan kateterisasi mayoritas terfokus pada organ jantung, namun tindakan ini juga bisa diberikan pada pasien dengan Deep Vein Thrombosis, Acute Limb Injury, Hepatocarcinoma, bahkan Cerebral Aneurysms.

Namun perlu diingat, untuk menjadi seorang perawat Cath-Lab memerlukan kualifikasi yang cukup ketat seperti pengalaman dalam bekerja di rumah sakit, pelatihan kardiologi dasar, serta pelatihan diagnostik dan intervensi di rumah sakit yang menyelenggarakannya. 

Jadi, bagaimana? Apakah Sahabat Appskep mulai tertarik untuk bergabung sebagai perawat di bidang intervensionis? 

Daftar Pustaka

Indeed.com. (2024, 16 Maret). What Is a Cath Lab Nurse? Diakses pada tanggal 26 Maret 2024, dari https://www.indeed.com/career-advice/finding-a-job/what-is-cath-lab-nurse

Registerednursing.org. (2024, 14 Februari). Cardiac Catheterization Laboratory Nurse. Diakses pada tanggal 26 Maret 2024, dari https://www.registerednursing.org/specialty/cardiac-catheterization-laboratory-nurse/

Sehatnegeriku.kemkes.go.id. (2022, 7 Juli). Menkes Budi Targetkan Pemenuhan Cath Lab di 207 Kabupaten/Kota di 34 Provinsi. Diakses pada tanggal 26 Maret 2024, dari https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/rilis-media/20220707/0340524/menkes-budi-targetkan-pemenuhan-cath-lab-di-207-kabupaten-kota-di-34-provinsi/

Editor :
Ns. Nurul Fauziah, M.Med.Ed
Ns. Najmi Ulfa Misbah, S.Kep