Melancarkan Proses Persalinan dengan Senam Hamil

Sumber Gambar : www.freepik.com

Apakah Sahabat Appskep sudah tau bahwa home care juga menyediakan pelayanan untuk ibu hamil?Home care merupakan suatu model yang memberikan pelayanan medis yang cepat dan terjangkau sebagai bagian dari pelayanan kesehatan.Dibandingkan dengan pelayanan di fasilitas kesehatan, pelayanan home care mempunyai keunggulan yaitu memberikan ketenangan karena ibu berada di rumah, mengurangi biaya penginapan dan konsumsi oleh keluarga, serta memungkinkan ibu menjadi tertarik dan berpartisipasi aktif, dan pendidikan kesehatan penting yang dapat diberikan oleh tenaga profesional.

Senam Hamil

Salah satu pelayanan home care untuk ibu hamil yaitu senam hamil. Kenapa harus senam hamil ya Sahabat Appskep?Ternyata, upaya menurunkan angka kematian dan kesakitan ibu di Indonesia dapat dilakukan dengan meningkatkan kesehatan ibu selama kehamilan, termasuk program senam selama kehamilan. Senam hamil setiap hari dan teratur terbukti dapat menjaga kesehatan ibu dan janin selama kehamilan serta menunjang kelancaran proses persalinan. 

Selama masa kehamilan, kontraksi berkepanjangan dapat dipengaruhi oleh tiga faktor yaitu power, passage (jalan lahir dari panggul ibu), dan passager (janin). Kekuatan otot selama ini merupakan salah satu faktor yang dapat dikontrol melalui olahraga selama kehamilan yang dianjurkan untuk mengoptimalkan kesehatan ibu dan janin serta memastikan ibu memiliki energi yang cukup sebelum melahirkan.

Senam hamil secara teratur sebelum melahirkan ternyata punya manfaat penting lho Sahabat… Senam hamil dapat menurunkan kemungkinan sungsang sehingga mengurangi risiko operasi caesar.

Pada masa kehamilan, banyak penyakit dan masalah yang biasa terjadi pada ibu hamil. Salah satunya adalah nyeri punggung bawah yang terjadi terutama pada ibu trimester 3. Kehamilan merupakan masa dimana ibu hamil mengalami perubahan fisiologis dan psikologis. 

Perubahan fisik meliputi mual, muntah, insomnia, radang gusi, sesak nafas, sering buang air kecil, tekanan dan rasa tidak nyaman pada perineum, nyeri punggung, sembelit, varises, kelelahan, kontraksi perut, termasuk kram dan edema pergelangan kaki. 

Berlatih senam saat hamil merupakan solusi self-help yang berguna untuk meredakan ketidaknyamanan selama kehamilan, menunjang proses persalinan bahkan mempersiapkan mental untuk hari-hari pertama setelah melahirkan dan mengasuh anak. 

Manfaat Senam Hamil

Berikut Mimin sebutkan manfaat senam hamil secara fisik dan psikis bagi ibu hamil :

  • Menjaga tubuh tetap sehat, kuat, dan aktif. 
  • Meredakan sakit punggung dan meningkatkan keseimbangan tubuh. 
  • Ibu dapat belajar teknik pernapasan yang berguna saat persalinan.
  • Membantu tubuh menjadi rileks.
  • Melatih diri mempersiapkan daerah panggul untuk proses persalinan. 
  • Bangun ikatan yang mendalam antara ibu dengan bayi. 
  • Berinteraksi dengan perawat dan petugas home care
  • Menurunkan risiko komplikasi selama kehamilan. 
  • Mengontrol dan menurunkan tekanan darah. 
  • Menjaga berat badan ibu selama hamil.

Selain mengurangi ketidaknyamanan fisik pada ibu hamil, senam hamil juga dapat meredakan ketidaknyamanan psikologis ibu.

Nah, Sahabat Appskep tentu tidak perlu ragu memilih layanan home care selama masa kehamilan. Karena kami punya solusinya. 

Referensi

Al Baeti, T., Ariani, B., Bina, S., Polewali, G., Khatimah, H., Al, T., Bulukumba, B., & Akhfar, K. (2023). Analisis Layanan Home Care dengan Senam Yoga dalam Menangani Kecemasan pada Ibu Hamil di Kabupaten Bulukumba Erniawati. Journal of Educational Innovation and Public Health, 1(4), 74–85. https://doi.org/10.55606/innovation.v1i3.1838

Arini Murni, N. N., Gumilang Pratiwi, I., & Rahmasari, W. (2022). Pengaruh Pendidikan Kesehatan dalam Pelayanan Home Care Terhadap Motivasi dan Kepatuhan Ibu Melakukan Senam Hamil . Indonesian Health Issue, 1(2 SE-Articles), 247–263. https://inhis.pubmedia.id/index.php/inhis/article/view/31

Sundayani, L., Murni, N. N. A., Pratiwi, I. G., & Royani, I. (2022). Pengaruh Pendidikan Kesehatan dalam Layanan Home Care Terhadap Pengetahuan dan Sikap Ibu Hamil Trimester II dan III Tentang Senam Hamil di UPTD Puskesmas Ubung Tahun 2021. Indonesian Health Issue, 1(1), 158–171. https://doi.org/10.47134/inhis.v1i1.24

Baca Juga: https://blog.appskep.id/kenal-lebih-dekat-dengan-alat-pacu-jantung-permanen-alat-bantu-yang-tertanam-langsung-di-dada/

Editor :
Ns. Nurul Fauziah, M.Med.Ed
Ns. Najmi Ulfa Misbah, S.Kep