Stres karena Banyak Masalah? Coba Atasi dengan Terapi Hipnosis Lima Jari

Sumber Gambar : www.freepik.com

Halo Sahabat Appskep!  Stres karena banyak masalah? Jangan langsung menyerah ya, ayo tenangkan pikiran dengan terapi hipnosis lima jari. Untuk lebih memahami tentang terapi hipnosis lima jari, ayo simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Apa itu terapi hipnosis lima jari?

Terapi hipnosis lima jari adalah terapi relaksasi menggunakan lima jari tangan dengan cara mengalihkan pikiran pada hal-hal yang menyenangkan untuk membantu mengatasi stres, ketegangan, rasa takut, dan ansietas atau kecemasan. 

Bagaimana cara melakukan terapi hipnosis lima jari?

Terapi hipnosis lima jari sangat mudah untuk dilakukan karena dalam pelaksanaannya tidak memerlukan peralatan khusus. Langsung saja kita masuk ke langkah-langkah pelaksanaan terapi hipnosis lima jari. Yuk Sahabat Appskep, simak penjelasan berikut ini: 

  1. Mencari posisi yang nyaman, boleh berbaring atau duduk.
  2. Memejamkan mata agar lebih tenang.
  3. Melakukan tarik napas dalam, yaitu  menarik napas dari hidung dan menghembuskan napas secara perlahan melalui mulut. Dilakukan sebanyak tiga kali.
  4. Menyentuh jari telunjuk dengan ibu dari dan membayangkan saat merasa sehat dan dapat melakukan berbagai aktivitas.
  1. Menyentuh jari tengah dengan ibu jari dan membayangkan saat dikelilingi oleh orang yang disayang seperti orang tua, saudara, anak, dan teman.
  1. Menyentuh jari manis dengan ibu jari dan membayangkan saat memperoleh berbagai keberhasilan dan pujian.
  1. Menyentuh jari kelingking dengan ibu jari dan membayangkan saat berada pada sebuah tempat yang sangat nyaman dan tenang seperti pantai yang bersih atau pegunungan yang asri.
  1. Melakukan tarik napas dalam sebanyak tiga kali
  2. Membuka mata secara perlahan
Berapa lama terapi hipnosis lima jari dilakukan?

Terapi hipnosis lima jari dapat dilakukan 2 kali seminggu dengan durasi waktu 20 menit setiap kali terapi. Waktu pelaksanaan boleh diperpanjang sampai Sahabat Appskep merasa tenang. Untuk hasil yang lebih optimal, terapi boleh dilakukan rutin setiap hari.

Bagaimana Sahabat Appskep, sudah paham dengan teknik relaksasi hipnosis lima jari? Yuk, bisa langsung dicobakan agar pikiran lebih tenang dan senang.

Referensi

Dewi, E. S., Kusuma, A. W., Wihastuti, T. A., Utami, Y. W., Wisnasari, S., Susanto, A. H., & Tamrin, T. (2021). Pelatihan hipnosis 5 jari pada perawat komunitas: Strategi untuk menurunkan tingkat nyeri dan stres warga kawasan industri candi semarang. Majalah Kesehatan FKUB8(4), 216-222.

Florensa, M. V. A., Paula, V., Sitanggang, Y., Hasibuan, S. Y., Anggraini, M. T., & Situngkir, A. (2019). Manajemen Stres Dan Ansietas Warga Di Kelurahan Bencongan Indah Tangerang. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR)2, 409-415.

Simanjuntak, G. V., Pardede, J. A., Sinaga, J., & Simamora, M. (2021). Mengelola stres di masa pandemi COVID-19 dengan hipnotis lima jari. Journal of Community Engagement in Health4(1), 54-57.

University of Nebraska-Lincoln. Five-Finger Relaxation. Diakses pada 12 April 2024, dari https://hr.unl.edu/five-finger-relaxation-technique/  

Editor :
Ns. Nurul Fauziah, M.Med.Ed
Ns. Najmi Ulfa Misbah, S.Kep