Terapi Relaksasi Benson, Terapi Mandiri yang Dapat Dilakukan di Rumah

Sumber Gambar : canva.com, Foto oleh Neena Majumdar dari Studio India

Terapi relaksasi benson merupakan suatu terapi yang dapat menimbulkan respon terhadap kemampuan tubuh kita untuk melepaskan zat kimia dan mengirimkan sinyal ke otak yang akan menggerakkan otot dan organ menjadi tenang dan nyaman dan dapat meningkatkan aliran darah ke otak. Terapi ini merupakan terapi komplementer dalam dunia keperawatan. Sahabat Appskep, terapi relaksasi benson ini memiliki berbagai manfaat pada kesehatan.

Manfaat melakukan terapi relaksasi benson ini diantaranya:
  1. Mengurangi nyeri
  2. Mengurangi gangguan tidur
  3. Mengatasi kecemasan
  4. Menurunkan tekanan darah
  5. Menghilangkan kelelahan
  6. Meredakan stress, dan lainnya.

Biasanya, terapi relaksasi benson ini dilakukan pada lansia dengan hipertensi. Terapi ini bekerja dengan melibatkan tarik nafas dalam dimana oksigen yang dibawa ke paru-paru dan diedarkan ke seluruh tubuh akan menimbulkan keadaan tenang dan nyaman pada tubuh kita. Perasaan tenang dan nyaman ini akan diteruskan ke otak, dan akan membuat sistem saraf simpatis di otak akan merespon perubahan fisiologis tubuh seperti perubahan pada tekanan darah, nadi, pernafasan dan lainnya. Hal inilah yang menjadi alasan dari terapi relaksasi benson ini dapat menurunkan tekanan darah karena adanya proses relaksasi yang mempengaruhi saraf simpatis pada otak.

Terapi ini sangat mudah dilakukan, karena tidak mengeluarkan biaya dan tidak membutuhkan alat dan bahan apapun. Sahabat appskep cukup melakukan kombinasi relaksasi berupa tarik nafas dalam dan zikir (dalam islam) atau menyebut kalimat tertentu sesuai dengan kepercayaan masing-masing.

Terapi ini dikembangkan oleh Dr. Harbert Benson yang merupakan bagian dari pengobatan spiritual yang memusatkan perhatian pada suatu fokus, kalimat yang diyakini secara berulang-ulang dan menghilangkan berbagai pikiran yang mengganggu.

Syarat untuk Melakukan Terapi Benson

Adapun syarat melakukan terapi relaksasi benson ini ada 4 yaitu:

  1. Suasana yang tenang
  2. Memusatkan perhatian pada suatu objek
  3. Mengabaikan pikiran-pikiran yang mengganggu
  4. Mendapatkan posisi yang nyaman.
Cara Melakukan Terapi Relaksasi Benson

Berikut cara melakukan terapi relaksasi benson ini di rumah:

  1. Pilih kalimat spiritual yang akan digunakan. Contohnya di dalam Islam dapat menggunakan “Astaghfirullah, Subhanallah, dan lainnya”
  2. Duduk tenang dan nyaman
  3. Tutup mata perlahan
  4. Tenangkan otot-otot di tubuh dari bagian atas ke bawah
  5. Tarik nafas perlahan melalui hidung dan teratur, lalu hembuskan nafas. Secara bersamaan, sahabat dapat menyebutkan kalimat yang dipilih dan fokuskan
  6. Lakukan berulang, sambil menghembuskan nafas secara perlahan
  7. Lakukan 10-20 menit
  8. Saat selesai, jangan langsung berdiri, Biarkan tubuh tetap berada pada posisi tenang untuk sementara.   

Terapi ini tentu saja dapat dilakukan secara mandiri di rumah, namun agar terapi ini menjadi lebih terarah dan tepat sahabat dapat meminta bantuan dan pendampingan dari perawat homecare dalam pelaksanaannya. 

Referensi

Benson, H., & Synder, S. (2000). Respon Relaksasi: Teknik meditasi sederhana untuk mengatasi tekanan hidup. Bandung: Penerbit Kaifa

Ervadanti, N. (2019). Pengaruh Terapi Relaksasi Benson Terhadap Tekanan Darah Lansia dengan Hipertensi. Skripsi. Pekanbaru: Universitas Riau

Sari, dkk. (2021). Efektifitas Terapi Relaksasi Benson Untuk Meningkatkan Kualitas Hidup Lansia: Telaah Literatur. Muhammadiyah Journal of Geriatric. 2(2). Diakses pada tanggal 13 April 2024 melalui https://jurnal.umj.ac.id/index.php/MuJG/article/view/10538