Home Care: Pijat Bayi dan Segudang Manfaatnya untuk Si Buah Hati

Sumber gambar : Freepik

Hai Sahabat Appskep! Sebenarnya, pijat bayi boleh gak sih? Nah, daripada bingung mendengar mitos-mitos yang beredar yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah ini! 

Terapi pijat merupakan salah satu bentuk terapi yang paling tua di dunia. Umumnya kita mendengar terapi pijat untuk orang dewasa saja. Namun, siapa sangka terapi pijat juga bisa dilakukan untuk si kecil yang biasa dikenal dengan sebutan baby massage atau pijat bayi. 

Pijat bayi merupakan ekspresi kasih sayang antara orang tua dan anak melalui sentuhan kulit. Pijat bayi memberikan rangsangan taktil yang dapat merangsang otot, tulang, dan sistem organ agar dapat berfungsi secara maksimal. Pijatan pada bayi tidak perlu dilakukan terlalu kencang, cukup dengan melakukan gerakan yang lembut bayi akan merasa rileks. 

Manfaat Pijat Bayi
  1. Meningkatkan Berat Badan
    Pijat bayi dapat meningkatkan penyerapan makanan. Menurut penelitian, hal ini dapat terjadi karena peningkatan kinerja dari saraf vagus yang akan meningkatkan enzim pencernaan untuk membantu penyerapan makanan.
  1. Meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan
    Menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh Rokayah, 2018 terjadi peningkatan perkembangan pada motorik kasar dan halus si bayi. Hal ini terjadi karena pijat bayi memberikan rangsangan melalui pijatan ringan dan sentuhan yang akan merangsang saraf di otak untuk mengendalikan aktivitas motorik.
  1. Melancarkan proses pencernaan dan pembuangan
    Saat melakukan pijat bayi, saraf vagus akan terstimulasi dan meningkatkan gerakan peristaltik usus sehingga bayi lebih cepat merasa lapar dan peristaltik yang meningkat dapat melancarkan proses BAB si kecil,
  1. Membangun ikatan Ibu dan Anak 
    Sentuhan merupakan bahasa pertama dari orang tua dan anak yang dapat menguatkan ikatan di antara keduanya. Saat melakukan pijat bayi ibu dapat mengajak bayi berbicara ataupun mengalunkan lagu-lagu lembut yang akan memberikan ketenangan untuk si kecil sekaligus melatih sisi sosial si kecil.

Melihat banyaknya manfaat yang diperoleh, pijat bayi disarankan untuk dilakukan secara rutin. Sahabat Appskep tentu saja perlu memperhatikan tata cara pijat bayi dengan benar. Jika Sahabat masih takut untuk melakukan pijat bayi secara mandiri jangan khawatir, karena saat ini sudah banyak home care terpercaya yang menawarkan terapi pijat bayi dengan terapis yang profesional dan ahli dibidang pijat bayi. 

Referensi :

Baca Juga: https://blog.appskep.id/quarter-life-crisis-qlc-masalah-kesehatan-mental-pada-orang-dewasa/

Editor :
Ns. Nurul Fauziah, M.Med.Ed
Ns. Najmi Ulfa Misbah, S.Kep