Pejuang Diabetes, Amankan Glukosa Darahmu Saat Lebaran

Sumber Gambar : www.freepik.com

Sahabat Appskep, masih dalam suasana Idul Fitri, mimin ucapkan selamat Idul Fitri ya. Mimin juga ucapkan, selamat menikmati hidangan Idul Fitri dengan cara yang sehat, agar sahabat Appskep tetap dapat berlebaran dengan tubuh yang fit dan bugar dan terhindar dari penyakit Diabetes.

Sahabat Appskep, pada momen lebaran ini, pola makan di rumah tetap harus dijaga ya. Apalagi untuk sahabat pejuang diabetes mellitus maupun pre diabetes. Hidangan lebaran yang identik dengan manis, kalori tinggi dan berlemak merupakan berkah tersendiri namun di sisi lain juga harus diwaspadai. Sebut saja kue kering, sirup buah, minuman bersoda, ketupat sayur, lontong kari, rendang dan lainnya lazim ditemui dan sulit menahan diri untuk tidak memakannya. Bahkan dari beberapa penelitian di Pakistan dan Saudi Arabia, para pejuang diabetes cenderung “melanggar” dietnya lho saat lebaran.

Sahabat pejuang diabetes tetap harus mengontrol asupan agar glukosa darah tidak naik apalagi menyentuh angka yang mengkhawatirkan. Sahabat perlu mengatur strategi agar nikmatnya santapan lebaran di rumah tidak membuat kadar gula darah sahabat menjulang tinggi. 

Tips Agar Gula Darah Stabil Selama Lebaran

Apa yang perlu sahabat perhatikan? Berikut ini tips menikmati lebaran di rumah agar sahabat Appskep dapat tetap menjaga kestabilan gula darah (Mohammed & Francis-Ganderson, 2022., Khan, 2023).

  1. Selalu periksa kadar glukosa darah secara teratur dengan alat gluco test yang bisa sahabat sediakan di rumah. Pastikan obat diabetes maupun insulin yang diresepkan tetap dikonsumsi atau dipakai secara teratur. Jangan sampai tidak disiplin apalagi menghentikan konsumsinya sama sekali.
  2. Gunakanlah lebih sedikit garam, minyak dan pemanis (gula, susu kental manis, dan lain-lain) saat menyiapkan hidangan dan makanan lezat.
  3. Sebaiknya persiapkan hidangan dengan teknik memanggang atau menumis daripada menggoreng dan merebus jika memungkinkan.
  4. Makan makanan seimbang sesuai dengan pola makan sehat, kontrol porsi dan jangan sampai makan berlebihan. Tetap terapkan porsi kecil, makan perlahan agar pencernaan makanan lebih optimal. Bila perlu, lakukan pencatatan agar diet harian tetap dapat diikuti.
  5. Gunakan pilihan makanan berserat tinggi jika memungkinkan seperti beras coklat, oat, umbi-umbian, jagung, beras merah dan sebagainya.
  6. Pilih makanan penutup berbahan dasar buah seperti salad buah dan sorbet, jangan lupa hindari penambahan gula ya. 
  7. Tetap terhidrasi dengan minum yang cukup sekitar 8 gelas per hari sesuai anjuran Kemenkes RI. Pilih minuman bebas gula seperti air putih, jus buah 100% (tanpa tambahan gula) dan air mineral daripada minuman buah, minuman ringan dan minuman manis lainnya seperti minuman bersoda, sirup, teh manis, eskrim dsb
  8. Menikmati makanan goreng dan manisan secukupnya saja, karena makanan yang digoreng berpotensi meningkatkan kadar gula darah dari perubahan lemak menjadi glukosa. 
  9. Tetap aktif dan lakukan aktivitas fisik walaupun ringan seperti berjalan kaki atau luangkan waktu untuk olahraga ringan guna menjaga kadar glukosa darahmu.

Wah banyak PR nih sahabat. Demi kondisi yang tetap prima, sebaiknya sahabat pejuang diabetes dapat menerapkannya. Tips tersebut tidak hanya berlaku bagi para pejuang diabetes lho. Sahabat Appskep secara umum juga dapat menerapkan agar kondisi kesehatan semakin optimal. Jika muncul keluhan yang menandakan kadar glukosa meningkat atau bahkan menurun, segera konsultasikan kepada perawat homecare atau dokter keluargamu.

Selamat menjaga kesehatan ya sahabat Appskep!

Referensi:

Gazzaz, ZJ. (2022). Eid-al-Fitr festivity and Ramadan fasting attitude among individuals with diabetes from Saudi Arabia and Pakistan: a cross-sectional study. BMJ Open. Volume 12, Issue 9. https://bmjopen.bmj.com/content/12/9/e054902

Khan, Rahil. (2023). Enjoying Eid Festivities While Staying Healthy: A Guide for Diabetic Patients. Diakses pada 12 April 2024 dari https://mypharmevo.pk/blogs/news/enjoying-eid-festivities-while-staying-healthy-a-guide-for-diabetic-patients

Mohammed, M., Francis-Granderson, I., (2022). Healthy Eating during Ramadan and  Eid-ul-Fitr for People with Diabetes. Diakses pada 12 April 2024 dari https://sta.uwi.edu/ffa/sites/default/files/ffa/Healthy%20Eating%20for%20Ramadan%20and%20Eid%20with%20Diabetes%20Apr%202022.pdf

Helmiyati. (2022). Menjaga Pola Makan ketika Lebaran. Diakses pada 12 April 2024 dari https://pkgm.fk.ugm.ac.id/en/2022/04/27/maintaining-healthy-diets-during-eid-al-fitr/#pll_switcher

Baca Juga: https://blog.appskep.id/bukan-batuk-biasa-tapi-batuk-efektif/

Editor :
Ns. Nurul Fauziah, M.Med.Ed
Ns. Najmi Ulfa Misbah, S.Kep